Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN SRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION BERBASIS CRITICAL THINKING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII A DI SMP N 1 MOJOTENGAH WONOSOBO
XML
Rindi Antika, 2020, PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH AQUESTION BERBASIS CRITICAL THINKING UNTUK PENINGKATANPRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAIKELAS VIII A DI SMP N 1 MOJOTENGAH WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengahdi Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui penerapan strategi learningstarts with a question berbasis critical thinking kelas VIII A di SMP N 1Mojotengah Wonosobo; 2. Mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didiksetelah menggunakan strategi learning starts with a question berbasis criticathinking pada mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMP N 1 MojotengahWonosobo; 3. Mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik yangmenggunakan strategi learning starts with a question berbasis critica thinking danyang tidak menggunakan pada mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMP N 1Mojotengah Wonosobo.Pendekatan dengan metode eksperimen kuasi, menggunakan desainnonequivalent control group pretest postest design. Subjek dalam penelitianpenelitian ini di ambil dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Sebelum pembelajaran kedua kelas diberikan soal pretest. Peserta didik kelaseksperimen di beri pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaranlearning starts with a question berbasis critica thinking sedangkan kelas kontrolmenggunakan metode pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen dan kelaskontrol dikenakan tes akhir berupa tes tertulis. Kemudian hasilnya di olah, dianalisis, dan dibagikan menggunakan uji t-test dan uji gain untuk mengetahuiperbedaan antara kedua kelas yang diteliti dan peningkatan prestasi belajar.Hasil penelitian menunjukkan pada pembelajaran PAI peserta didik yangmenggunakan strategi pembelajaran learning starts with a question padapenelitian ini terjadi peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan menggunakan ujigain untuk kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 0,682. Dan ada perbedaanpembelajaran PAI peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategilearning starts with a question berbasis critica thinking dengan peserta didik yangtidak di ajar dengan menggunakan strategi learning starts with a question berbasiscritica thinking. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t thitung >ttabel baikpada taraf signifikansi 1 % yaitu 4,34 > 2,712.
Kata Kunci: Strategi Learning Starts With A Question, Critical Thinking,Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rindi Antika - Personal Name
|
Student ID |
2016010147
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |