• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • KONSEP ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA INFORMASI (Studi Kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari) KONSEP ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA INFORMASI (Studi Kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari)

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Agama Islam

    KONSEP ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA INFORMASI (Studi Kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari)

    XML

    Nasrul Arifin : KONSEP ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADAERA INFORMASI (Studi Kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allimKarya KH. Hasyim Asy’ari). Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al Qur’am Jawatengah diWonosobo, 2020.Etika guru pendidikan agama Islam sangat penting dalam menunjangkeberhasilan pendidikan Islam. Pada saat ini pendidikan agama Islam menghadapi erainformasi yang memiliki karakteristik teknosfer, infosfer, sosiofer,psikofer, dankekayaan masyarakat terdapat pada informasi. Etika guru dituntut mampu mengikutikarakteristik tersebut. KH. Hasyim Asyari merupakan tokoh pemikir pendidikanIndonesia yang memiliki banyak kontribusi, diantaranya karyanya yang berjudul Âdâbal-‘Âlim wa al-Muta’allim. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran KH.Hasyim Asy’ari tentang etika guru pendidikan agama Islam dalam kitab tersebut dalamkaitanya dengan karakteristik era informasi. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data diskriptif. Uji keabsahandata pada penelitian ini menggunakan cara creadibility, trasferability, trigulasi,confirmability dan trigulasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian inimenggunakan metode Content Analysis untuk untuk mengungkapkan isi pemikiranKH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Konsep etika guru pendidikanAgama Islam dalam kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ariyaitu guru harus 1) mengedepankan aspek religius dan rabani (ketuhanan) dalamkehidupan maupun pembelajaran, 3) mengamalkan nilai-nilai tasawuf dalamkehidupan dengan zuhud dan wira’i, 4) mencintai ilmu pengetahuan denganmengamalkan, mengembangkan dan berkarya, 5) menggunakan metode penyampaianyan baik, dan 6) menyayangi murid. Relefansi etika tersebut pada era informasi adalah1) Memiliki niat yang baik, yaitu mencari ridha Allah, menghidupkan syariat Islamdan memperlihatkan kebaikan dan kebenaran, menyebarkan ilmu agar tetapberkembang di era informasi dengan karakteristiknya, dan guru juga tidak bolehberorientasi pada keduniaan dalam pendidikan. 2) Senantiasa mendekatkan diri kepadaAllah, dengan melaksanakan ibadah kepada Allah baik yang berupa ibadah murnimaupun ibadah sosial. Guru diharapkan melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikanuntuk mendekatkan diri kepada Allah, begitu juga dalam penggunaan teknologiinformasi maupun pemanfaatan informasi. 3) Guru memiliki pengetahuan luas denganterus mengembangkan keilmunya, mengembangkan keilmuan Islam agar mampusurvive di era informasi. Guru juga diupayakan mampu menghasilkan yang berbasisteknologi informasi. 4) Menerapkan aklak yang terpuji dalam dunia nyata dan duniamaya, guru dapat memberikan teladan kepada murid melalui media teknologiinformasi maupun media sosial. 5) Menjaga penampilan dan sikap dalampembelajaran sesuai dengan era informasi. Sikap guru dalam pelajaran harus tenang,menghadap kiblat dan diupayakan tidak melakukan pergerakan yang tidak dibutuhkan,guru juga diperbolehkan melakukan aktifitas atau pergerakan yang dibutuhkan untukdalam proses pembelajaran. 6) Menggunakan metode pembelajaran yang sesuai danpenyampaian yang baik. Guru diupayakan mampu menyampaikan pembelajarandengan metode yang relevan era informasi, yakni berbasis teknologi. Guru diupayakanmampu menggunakan teknologi dalam pembelajaran, seperti menggunakanya dalammedia pembelajaran. 7) Mencintai murid. Guru harus mencintai murid dengan caramengenali murid, memperhatikan perilakunya, memahami karakternya, melatih etika,menasehatinya, dan memberikan kemaslahatan-kemaslahatan lainya kepada murid.Pada era informasi guru dapat melakukan hal tersebut melalui teknologi informasiyang berbasis internet. Guru dapat mengenal dan memperhatikan murid serta melatihmurid melalui media sosial ataupun media informasi dan komunikasi lainya.

    Kata Kunci: Etika Guru, Pendidikan Agama Islam, Era Informasi


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Nasrul Arifin - Personal Name
    Student ID
    2016010296
    Dosen Pembimbing
    KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
    Dr. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86208
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Agama Islam
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail