Prodi Akuntansi
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI
XML
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2020 sampai 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo.
Metode : Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2020 sampai 2021 FEB UNSIQ. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 127 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda.
Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa minat baca, lingkungan teman sebaya, motivasi belajar, kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, sedangkan rasa ingin tahu berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar.
Keterbatasan : Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya terbatas pada 127 dari 186 responden, data yang diperoleh hanya dari kuesioner yang memungkinkan jawaban responden tidak jujur sehingga tidak menghasilkan jawaban yang diinginkan dalam penelitian ini, variabel yang digunakan dalam penelitian ini belum mewakili semua faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa akuntansi.
Implikasi : Dapat menambah jumlah sampel dalam penelitian, perlu melakukan teknik interview atau observasi sehingga data yang diperoleh dapat lebih menggambarkan keadaan yang sebenarnya pada populasi dan sampel yang diteliti, pemberian reward agar responden termotivasi mengisi kuesioner dengan lebih bersungguh-sungguh.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Septiana Risma Saputri - Personal Name
|
Student ID |
2018100011
|
Dosen Pembimbing |
Dr. M. Elfan Kaukab, S.E., M.M., M.H.I., MFP, CRA, CHRA, CRBC. - - Dosen Pembimbing 1
Nanang Agus Suyono, S.E., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
62201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Akuntansi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FE-A 1355 SEP a
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |