Prodi Magister Pendidikan Isla
PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞĀYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARYA SYĀIKH MUHAMMAD SYĀKIR PADA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER
XML
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: Kenakalan remaja merupakan persoalan yang banyak mendapat sorotan mulai dari penegak hukum, pendidik, dan para orang tua. pelanggaran norma-norma sosial berwujud kebut-kebutan di jalan raya, pemerasan, dan berbagai bentuk penyimpangan. Dalam mendidik, mengajar, serta menerapkan akhlak tidak boleh sembarangan. Diperlukan pengetahuan dan pemahaman terkait konsep pendidikan akhlak. Referensi kitab-kitab klasik yang menjelaskan tentang konsep-konsep pendidikan akhlak sangat banyak ditemukan dan bahkan masih digunakan hingga saat ini. Salah satu kitab yang sering dibahas adalah kitab karya seorang ulama’ asal Mesir, Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari, yakni kitab Waşāyā Al-Ābā’ Lil Abnā’ Dikutip dalam pengantar kitab Waşāyā Al-Ābā’ Lil Abnā’ Penelitian ini bertujuan untuk membina akhlak anak didik melalui kajian kitab karya ulama’salaf. Sehingga dalam diri anak didik terbentuk pribadi-pribadi muslim yang berakhlakul karimah, taat pada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada Ibu Bapak, sayang kepada sesama makhluk Tuhan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi Library Reseach. Sesuai dengan jenis data penelitian ini, data diolah dengan menggunakan teknik analisis non statistik.Untuk mempertajam analisis metode deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan teknis analisis isi (content analisys). Setelah data terkumpul maka data tersebut dianalisis secara induktif untuk mendapatkan kongklusi. Proses content analisys dimulai dari isi pesan kemudian dilakukan kategorisasi (pengelompokan) antara data yang sejenis dan selanjutnya dianalisis secara kritis dan obyektif Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pendidikan pada kitab Washaya al Abaa’ lil Abnaa’ dibagi menjadi 2. Dimensi Ilahiyah dan Insaniyah. Dengan perincian sebagai berikut: dimensi Ilahiyah meliputi taqwa,taubat,sabar,takdir, tawakal,syukur, mengajarkan ilmu pada orang lain, lemah lembut,saling menghormati,bergaul, jujur,tolong menolong,mencari ilmu. Dan dimensi Insaniyah meliputi akhlak kepada guru,akhlak kepada orang tua,akhlak kepada diri sendiri,akhlak kepada teman,akhlak kepada lingkungan masyarakat. Metode pendidikan yang diterapkan meliputi metode nasihat,metode pembiasaan,metode kisah dan keteladanan,metoded ialog,metode perumpamaan dan perbandingan, metode targhib dan tarhib.
Kata kunci: Konsep. Pendidikan. Akhlak.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Zidni Nurul A’la - Personal Name
|
Student ID |
1220.30.1.21
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70134
|
Edisi |
Published
|
Departement |
S2 Pendidikan Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |