• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN METODE LANGSUNG DI PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN METODE LANGSUNG DI PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Bahasa Arab

    EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN METODE LANGSUNG DI PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG

    XML

    Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif. Penelitian dilakukan di pondok pesantren Tidar kota Magelang dengan melibatkan 26 responden pada bulan Juli sampai April 2020. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Dari lima hal yang menjadi target keterampilan berbicara bahasa Arab, santri kelas Wustho dan Ulya sudah sebagian besar mencapai target. Sedangakan untuk kelas Ula masih dalam pembelajaran tahap awal jadi belum diwajibkan mencapai target dalam keterampilan berbicara bahasa Arab. (2) Tingkat kelayakan metode langsung dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di pondok pesantren Tidar kota Magelang diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 85,5 dengan kategori “ ادجَ ديج . Sedangkan dilihat dar segi peningkatan hasil belajar santri adalah santri telah mampu merangkai mufrodat menjadi kalimat dan dari kalimat menjadi paragraph (membuat cerita). Selain itu santri mampu memahami perkataan lawan bicara dan menjawabnya tanpa ragu. Santri mampu berbicara dengan menggunkan bahasa Arab secara baik dan benar. (4) Adapun faktor penghambat dari pemakaian metode langsung ini adalah (a) pada tingkat permulaan terasa sulit, (b) masih ada santri yang berbicara memakai bahasa selain bahasa wajib, (c) kemampuan setiap anak dalam menangkap materi pelajarab berbeda-beda, (d) tidak bisa berbicara menggunakan bahasa Arab ketika berbaur dengan masyarakat, (e) masih ada beberapa guru yang masih memakai bahasa Indonesia ketika menjelaskan suatu materi pelajaran yang belum dipahami santri. (5) Sedangkan faktor pendukung dengan dipakainya metode ini adalah (a) santri termotifasi untuk mengucapakan dalam bahasa Arab, (b) santri mudah untuk menghafal kosa kata baru, (c) santri dapat berbicara bahasa Arab dengan fasih dan benar, (d) santri memiliki spontanitas keberanian dalam berkomunikasi, (e) menarik minat belajar santri karena memakai banyak alat peraga, video fil, kaset, atau media lainnya.
    Kata Kunci: Efektif, Metode Langsung, Proses


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Siti Nur Lailatul Azizah - Personal Name
    Student ID
    2015040081
    Dosen Pembimbing
    KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
    Fatkhurrohman, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    88204
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Bahasa Arab
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail