INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM BAITUL MUJAHIDIN ANDONGSILI MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Magister Pendidikan Isla

INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM BAITUL MUJAHIDIN ANDONGSILI MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kettetertarikan penulis terhadap pendidikan karakter di sekolah dasar yang mana guru beranggapan bahwa karakter buruk yang terjadi pada diri seorang anak adalah disebabkan oleh anak itu sendiri bahkan banyak di lingkungan masyarakat juga menganggap bahwa karakter buruk lahir dari keturunan atau bawaan orang tua. Penelitian ini menganalisis internalisasi pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SD Islam Baitul Mujahidin Andongsili, dengan rumusan masalah : (1) Adakah pendidikan karakter di SD Islam Baitul Mujahidin Andongsili, (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam internalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran agama islam di SD Islam Baitul Mujahidin Andongsili, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama di SD Islam Baitul Mujahidin Andongsili. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di SD Islam Baitul Mujahidin. Dengan metode pengumpulan data meliputi : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan serangkain proses pengumpulan data, rduksi, penyajian dan verivikasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa : sekolah telah melakukan upaya signifikan dalam internalisasi pendidikan karakter meliputi : nilai karakter religius, nasionalisme, tanggung jawab, cinta tanah air, jujur, cinta damai, toleransi. Adapun berbagai strategi yang digunakan dalam internalisasi pendidikan karakter antara lain menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, ekstrakurikuler serta menyisipkan pesan moral dalam pembelajarannya. Faktor pendukung meliputi keluarga, pertemanan, guru, sarana prasarana. Namun, faktor penghambatnya lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat serta sarana prasarana yang masih kurang.
Kata kunci: internalisasi pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Rihadatu Khoerul Zulfa - Personal Name
Student ID
1194.29.1.21
Dosen Pembimbing
Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70134
Edisi
Published
Departement
S2 Pendidikan Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail