RAH ISTIMA> BAGI SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 WONSOBO]]>
Muhammad Solihin
Pengarang
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd.
Dosen Pembimbing 1
KH. Mukromin, Alh, M.ag
Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan scramble dalam pembelajaran Maha>rah Istima> pada kelas VIII MTs Negeri 2 Wonosobo; 2) Mengetahui peningkatan Maha>rah Istima> pada bahasa Arab siswa sesudah menggunakan metode pembelajaran scramble. 3) Mengetahui perbedaan antara yang menggunakan metode scramble dengan siswa yang tidak menggunakan metode scramble pada siswa kelas VIII E MTs Negeri 2 Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri 2 Wonosobo, dengan jenis penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen one group pretest-psttest design, yaitu dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan satu grup/kelas. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya yaitu penggunaan scramble. Dan variabel terikatnya yaitu Maha>rah Istima> bahasa Arab siswa kelas VIII E MTs Negeri 2 Wonosobo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Adanya peningkatan pada Maha>rah Istima> siswa kelas VIII E MTs Neheri 2 Wonosobo. 2) Penggunaan metode scramble sangat efektif digunakan untuk meningkatkan Maha>rah Istima> kelas VIII E MTs Negeri 2 Wonosobo. 3) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan pada taraf kesalahan sebesar 1% dengan diperoleh dk = n-1 = 34-1 = 33 diperoleh ttabel = 2, 733. Dan untuk taraf kesalahan sebesar 5% dengan nilai dk = n-1= 34-1 = 33 diperoleh ttabel = 2,035. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Kesimpulannya yaitu ada peningkatan pada Maha>rah Istima> siswa kelas VIII E MTs Negeri 2 Wonosobo yang menggunakan metode Scramble.
Kata Kunci: Maha>rah Istima>, scramble, Bahasa Arab