Prodi Magister Pendidikan Isla
ANALISIS PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA SISWA SMA NEGERI 1 SAPURAN WONOSOBO
XML
Penelitian ini menganalisis pemahaman moderasi beragama siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo, dengan rumusan masalah: (1) Bagamaimana pemahaman moderasi beragama siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo?, (2) Faktor apa yang mempengaruhi pemahaman keberagamaan siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei cross-sectional yaitu survei yang dirancang untuk sekali waktu. Pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Penentuan jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% maka ditemukan 227 siswa yang dijadikan sampel dari total populasi 692 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman moderasi beragama siswa yang berada di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo cukup baik. Sesuai dengan indikator moderasi beragama meliputi, komitmen kebangsaan sebesar 80%, toleransi sebesar 90%, anti kekerasan sebesar 68%, dan akomodatif terhadap budaya lokal sebesar 94%. Kemudian faktor yang mempengaruhi pemahaman keberagamaan siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo ada tiga. Pertama, siswa yang mondok sebesar 79% dan non pondok sebesar 82%. Kedua, organisasi keagamaan yang di ikuti Muhammadiyah 81% dan NU 82%, serta non organisasi keagamaan sebesar 84%. Ketiga, organisasi sekolah sebesar 85%.
Kata kunci: Pemahaman, Moderasi Beragama, Siswa.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Ikhsan Nasukha - Personal Name
|
Student ID |
1055.26.1.19
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Mahfudz Junaidi, M.H. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70134
|
Edisi |
Published
|
Departement |
S2 Pendidikan Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |