Ikhsan Nasukha
Pengarang
Dr. Mahfudz Junaidi, M.H.
Dosen Pembimbing 1
Drs. Samsul Munir Amin, M.A.
Penguji 2
Dr. H. Mahfudz Junaedi, M.H.
Penguji 1
Penelitian ini menganalisis pemahaman moderasi beragama siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo, dengan rumusan masalah: (1) Bagamaimana pemahaman moderasi beragama siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo?, (2) Faktor apa yang mempengaruhi pemahaman keberagamaan siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei cross-sectional yaitu survei yang dirancang untuk sekali waktu. Pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Penentuan jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% maka ditemukan 227 siswa yang dijadikan sampel dari total populasi 692 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman moderasi beragama siswa yang berada di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo cukup baik. Sesuai dengan indikator moderasi beragama meliputi, komitmen kebangsaan sebesar 80%, toleransi sebesar 90%, anti kekerasan sebesar 68%, dan akomodatif terhadap budaya lokal sebesar 94%. Kemudian faktor yang mempengaruhi pemahaman keberagamaan siswa SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo ada tiga. Pertama, siswa yang mondok sebesar 79% dan non pondok sebesar 82%. Kedua, organisasi keagamaan yang di ikuti Muhammadiyah 81% dan NU 82%, serta non organisasi keagamaan sebesar 84%. Ketiga, organisasi sekolah sebesar 85%.
Kata kunci: Pemahaman, Moderasi Beragama, Siswa.