Prodi Pendidikan Agama Islam
PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QORIB DENGAN METODE MUSYAWARAH UNTUK PENDALAMAN MATERI FIQIH DI PONDOK PESANTREN MIFTAKHURROSYIDIN CEKELAN MADURESO TEMANGGUNG TAHUN 2019-2020
XML
Istianatul Masruroh, 2020. “Pembelajaran Kitab Fathul Qorib dengan Metode Musyawarah untuk Pendalaman Materi Fiqih di Pondok Pesantren Miftakhurrosyidin cekelan Madureso Temanggung.”. Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah Di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran fiqih dengan kitab fathul qorib yang diterapkan di pondok pesantren miftakhurrosyidin. (2) untuk mengetahui bagaimana pendalaman pembelajaran fiqih dengan kitab fathul qorib di pondok pesantren miftakhurrosyidin. (3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fiqih di pondok pesantren miftakhurrosyidin.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field reseachdengan pendekatan kualitatif. Dengan subjek penelitian pengurus dan santri Pondok Pesantren Miftakhurrosyidin Cekelan Madureso Temanggung. Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ditemukan bahwa proses pembelajaran fiqih dengan kitab Fathul Qorib di pondok pesantren miftakhurrosyidin sudah berjalan dengan baik dan metode ini merupakan metode yang paling efektif karena akan mempermudah santri untuk saling bertukar pendapat dalam memperdalam pembelajaran secara cepat. Pendalaman fiqih dengan kitab Fathul Qorib di Pondok pesantren Miftakhurrosyidin awal timbulnya adalah santri kurang memahami pembelajaran kitab dan menguasai ilmu fiqih dan pada saat pembelajaran agar santri bisa mendalami ilmu fiqih maka seorang ustadzah mampu berkomunikasi dengan santrinya dan mampu memberikan motivasi sehingga santri menjadi semangat dalam memperdalam ilmu fiqih. Faktor pendukung dalam pembelajaran fiqih di pondok pesantren miftakhurrosyidin berasal dari semangat santri dalam memperdalam ilmu agama, kemampuan pendidik, santri menjadi lebih aktif, guru lebih bisa mengawasi santrinya, dan kemampuan santri yang berbeda-beda.Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran fiqih di pondok pesantren miftakhurrosyidin berasal dari santri belum bisa mengatur waktu dengan baik, santri belum bisa mendalami ilmu fiqih karena kurang bisa memahami isinya dengan arab pegon.
Kata Kunci: Musyawarah, Pondok Pesantren, santri.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Istianatul Masruroh - Personal Name
|
Student ID |
2016010181
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |