Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENERAPAN MEDIA VISUAL PAPER PUPPET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTs NU SUNAN KALIJAGA TEGAL 2020/2021
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media visual paper puppet untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal. 2) Perbedaan peningkatan hasil belajar dalam keterampilan berbicara bahasa arab dengan menggunakan media visual paper puppet dan siswa yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs NU Sunan Kalijaga Tegal, dengan jenis penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah quasi exsperiment peretest-postest control groups (kelas eksperimen dan kelas kontrol), yaitu bentuk pengembangan dari true exsperimental design yang mana desain ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabelvariabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat. adapun variabel bebasnya yaitu penerapan media visual paper puppet dan variabel terikatnya yaitu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Adanya peningkatan hasil belajar pada kemampuan keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas eksperimen sebesar 0,535 dengan kategori sedang. 2) hasil pengujian hipotesis thitung sebesar 10,88. Selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk = ????1 - ????2 - 2 = 33 + 33 – 2 = 64. Dengan dk 64 dan taraf kesalahan 1%, maka ttabel = 2,655. Dalam hal ini berlaku ketentuan bila thitung < ttabel = H0 diterima. Ternyata diperoleh thitung > ttabel (10,88>2,655). Kesimpulannya yaitu ada perbedaan kemampuan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal yang menggunakan media visual paper puppet dengan metode ceramah.
Kata Kunci: Media Paper Puppet (wayang kertas), Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
M. Haziezen Hidayatulloh - Personal Name
|
Student ID |
2016040030
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |