Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 11 PURBASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Penerapan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga, (2) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dengan menerapkan media permainan monopoli dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga, dengan jenis penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen one group pretest-posttest design, yaitu dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan satu grup/kelas. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya yaitu penerapan media permainan monopoli. Dan variabel terikatnya yaitu peningkatan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ada perbedaan penguasaan mufradāt bahasa Arab kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari antara sebelum menerapkan permainan monopoli dan sesudah menerapkan permainan monopoli. Ini berdasarkan perhitungan analisis menggunakan rumus uji t, maka diperoleh hasil thitung= 6,425 dan ttabel= 2,160 untuk ɑ= 5% dan 3,012 untuk ɑ= 1% dengan dk = n-1=(14-1)=13, karena thitung>ttabel maka H2 diterima bahwa dengan media permainan monopoli dapat meningkatkan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa. 2) Adanya peningkatan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari setelah menerapkan permainan monopoli. Ini ditunjukkan dengan pre-test dan posttest menggunakan Uji-Gain sebesar 0,55. 3) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan pada taraf kesalahan sebesar 1% dengan diperoleh dk = n-1 = (14-1) = 13 diperoleh Ttabel = 3,012. Dan untuk taraf kesalahan sebesar 5% dengan nilai dk = n-1= (14-1) = 13 diperoleh Ttabel = 2,160. Hasil ini menunjukkan bahwa Thitung lebih besar dari pada Ttabel. Kesimpulannya yaitu ada peningkatan penguasaaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari yang menerapkan media permainan monopoli.
Kata Kunci: Media, Permainan Monopoli, Mufradāt Bahasa Arab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Esti Almaidah - Personal Name
|
Student ID |
2016040001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |