PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 11 PURBASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 11 PURBASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Penerapan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga, (2) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dengan menerapkan media permainan monopoli dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga, dengan jenis penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen one group pretest-posttest design, yaitu dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan satu grup/kelas. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya yaitu penerapan media permainan monopoli. Dan variabel terikatnya yaitu peningkatan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Purbalingga. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ada perbedaan penguasaan mufradāt bahasa Arab kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari antara sebelum menerapkan permainan monopoli dan sesudah menerapkan permainan monopoli. Ini berdasarkan perhitungan analisis menggunakan rumus uji t, maka diperoleh hasil thitung= 6,425 dan ttabel= 2,160 untuk ɑ= 5% dan 3,012 untuk ɑ= 1% dengan dk = n-1=(14-1)=13, karena thitung>ttabel maka H2 diterima bahwa dengan media permainan monopoli dapat meningkatkan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa. 2) Adanya peningkatan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari setelah menerapkan permainan monopoli. Ini ditunjukkan dengan pre-test dan posttest menggunakan Uji-Gain sebesar 0,55. 3) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan pada taraf kesalahan sebesar 1% dengan diperoleh dk = n-1 = (14-1) = 13 diperoleh Ttabel = 3,012. Dan untuk taraf kesalahan sebesar 5% dengan nilai dk = n-1= (14-1) = 13 diperoleh Ttabel = 2,160. Hasil ini menunjukkan bahwa Thitung lebih besar dari pada Ttabel. Kesimpulannya yaitu ada peningkatan penguasaaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari yang menerapkan media permainan monopoli.
Kata Kunci: Media, Permainan Monopoli, Mufradāt Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Esti Almaidah - Personal Name
Student ID
2016040001
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail