PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA SMA MUHAMMADIYAH 4 BANJARNEGARA PADA MATERI GLOBAL WARMING

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA SMA MUHAMMADIYAH 4 BANJARNEGARA PADA MATERI GLOBAL WARMING

XML

Penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu (1) mengetahuiefektifitas pembelajaran inkuiri berbasis socio-scientific issues (SSI) untukmeningkatkan keterampilan berpikir kritis siwa kelas XI MIPA di SMAMuhammadiyah 4 Banjarnegara pada materi global warming. (2) mengetahuiseberapa besar peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA diSMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara setelah diterapkan pembelajaran inkuiriberbasis socio-scientific issues (SSI) pada materi global warming. (3) mengetahuifaktor prndukung dan penghambat dalam pembelajaran inkuiri berbasis socioscientificissues (SSI) pada materi globalwarming.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian pre experimental design. Desainpenelitian menggunakan one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswadengan metode pembelajaran inkuiri berbasis socio-scientific issues (SSI) padamateri global warming dengan perolehan rata-rata skor pretest 16,38 sedangkanuntuk skor raa-rata posttest diperoleh 34,52 juga dapat dilihat dari nilai N-gainscore yaitu 0,7592 yang termasuk dalam kategori kemampuan berpikir kritistingkat tinggi. Efektivitas pembelajaran inkuiri berbasis socio-scientific issues(SSI) untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi global warmingdinyatakan efektif dengan diperoleh hasil nilai Uji-t hitung yaitu 15,503 lebih besadari nilai Uji-t tabel yaitu 2,054. Kemudian ada beberapa faktor pendukung danpenghambat dalam penerapan pembelajaran ini yaitu situasi belajar menjadi lebihmenarik sehingga siswa mampu berinisiatif aktif dalam menyampaikan pendapat,namun ada fakror penghambat dalam peerapan model pembelajaran ini yaitu sulitmengubah kebiasaan siswa serta perlu fasilitas pembelajaran yang memadai.
Kata Kunci: keterampilan brpikir kritis, Pemblajaran Inkuiri, SocioScientificIssues(SSI),GlobalWarming.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2018020036
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail