Prodi Pendidikan Agama Islam
PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-ASY’ARIYYAH III FAR’U RIBATH TARIM
XML
Fikri Nurarliyanto, 2020, PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-ASY’ARIYYAH III FAR’U RIBATH TARIM. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui peran pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren Al-Asy’ariyyah III Far’u Ribath Tarim, 2. Mengetahui kendala peran pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren al-Asy’ariyyah III Far’u Ribath Tarim. Kyai sebagai pemimpin pesantren memiliki peran utama dalam meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren tanpa meninggalkan identitas salaf yang sudah ada di pesantren tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan atau memaparkan data-data yang berhubungan dengan peran kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren Al-Asy’ariyyah III Far’u Ribath Tarim. Subjek penelitian pengasuh, lurah, ustadz, dan santri pondok pesantren al-Asy’ariyyah III Far’u Ribath Tarim. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren al-Asy’ariyyah III Far’u Ribath Tarim adalah sejumlah aktivitas yang dilakukan oleh pemimpin pesantren untuk meningkatkan mutu pendidikan baik dalam input maupun output. Untuk mencapai itu pemimpin pondok pesantren berperan sebagai leader yang harus selalu memberi contoh perilaku baik atau uswatun hasanah agar santri bisa meniru dan tidak meninggalkan ciri sebagai pondok pesantren salaf. Pemimpin juga menanamkan Tafakkuh Fididin (memperdalam agama), terlebih juga memiliki adab yang baik, karena jika santri memiliki ilmu yang banyak tetapi adabnya jelek itu tidak manfaatnya. Kendala peran kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren Al-Asy’ariyyah III Far’u Ribath Tarim terletak pada pribadi seseorang, lingkungan, kurangnya SDM, dan orang yang menangani mutu tersebut
Kata Kunci: Pemimpin, Mutu Pendidikan, Pondok Pesantren
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fikri Nurarliyanto - Personal Name
|
Student ID |
2016010017
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |