Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) BERBASIS ADOBE PREMIER UNTUK PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN CURIOSITY MATERI SISTEM TATA SURYA
XML
Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas SainsAl-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, Desember 2019.Tujuan dari Penelitian danPengembangan ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah media pembelajaran IPAberbasis Adobe Premiere valid untuk meningkatkan pemahaman konsep dancuriosity siswa di SMP N 1 Garung materi sistem tata surya. 2) Apakah mediapembelajaran IPA berbasis Adobe Premier dapat meningkatkan pemahaman konsepsiswa di SMP N 1 Garung materi sistem tata surya. 3) Apakah media pembelajaranIPA berbasis Adobe Premier dapat meningkatkan curiosity siswa di SMP N 1Garung. 4) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman konsep dancuriosity siswa SMP N 1 Garung setelah menggunakan media pembelajaran AdobePremier.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan tahapanpengembangan ADDIE meliputi 5 tahap. Namun penelitian ini hanya melalui tahap:1) Analysis (analisis) terdiri dari analisis kompetensi, analisis karakteristik siswa,analisis materi, dan analisis media. 2) Design (perancangan) terdiri dari penyusunankompetensi dasar, penyusunan kerangka, penyusunan flowchart, pembuatanstoryboard, dan perencanaan alat evaluasi. 3) Development (pengembangan) terdiridari pengumpulan referensi materi tata surya, pembuatan produk, review oleh dosenpembimbing, validasi, revisi, uji coba, dan produk akhir. 4) Implementation, mediadiuji cobakan pada penelitian.
Hasil penelitian tersebut meliputi 4 hal, yaitu sebagai berikut:1) Mediapembelajaran Adobe Premiere yang telah dikembangkan oleh peneliti validdigunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di SMPN 1 Garung pada pokokbahasan sistem tata surya. 2) Pengembangan Media pembelajaran Adobe Premieredapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik yaitu menggunakanpretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji N-Gain dengan skor gainternormalisasi yang diperoleh sebesar 0,638 dengan kriteria sedang. 3)Pengembangan Media pembelajaran Adobe Premiere dapat berpengaruh terhadapcuriosity peserta didik yaitu menggunakan angket sebelum dan sesudahmenggunakan media yang dianalisis menggunakan uji N-Gain dengan skor gainternormalisasi yang diperoleh sebesar 0,43 dengan kriteria sedang. 4) Peningkatanpemahaman konsep dan curiosity siswa SMP N 1 Garung setelah menggunakanmedia secara berturut-turut adalah 0,638 dan 0,43 dengan kriteria sedang.
Kata Kunci: Media Adobe Premiere, Pemahaman Konsep, Curiosity.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NOVA RITANTI - Personal Name
|
Student ID |
2015020023
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2019 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |