Siti Maghfiroh
Pengarang
KH. Mukromin, Alh, M.ag
Dosen Pembimbing 1
Asep Sunarko, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Maharah Kitabah siswa dengan menggunakan permainan Act Out dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V. Yaitu dengan mengetahui peningkatan Maharah Kitabah dalam penggunaan permainan Act Out, serta untuk mengetahui perbedaan penguasaan maharoh kitabah sebelum dan sesudah menggunakan permainan tersebut pada siswa kelas V Mi Ma’arif Manggisan tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan ialah pretes-posttes one group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Manggisan yang berjumlah 23 siswa. Langkah awal dari penelitian adalah pemberian pretest kepada siswa kelas V untuk mengetahui kompetensi awal. Selanjutnya diberikan media pembelajaran berupa permainan Act Out. Untuk langkah akhir dilaksanakan penelitian posttest. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan permainan Act Out dan variabel terikatnya adalah peninggkatan penguasaan Maharah Kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V Mi Ma’arif Manggisan. Penerapan permainan Act Out dalam meningkatkan Maharah Kitabah siswa kelas V dilakukan dengan cara menunjukan gambar dan memberikan peraga atau gerakan mengenai gambar tersebut kepada siswa secara berulang-ulang. Gambar yang ditunjukan kepada siswa merupakan materi pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V yaitu ةنهملا. Setelah memberikan materi menggunakan permainan Act Out, selanjutnya peneliti membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan mengarahkan siswa untuk melakukan permainan dengan tata cara yang telah ditentukan. Dari hasil analisis akhir menggunakan uji t dan uji gain. Pada uji-t dengan (dk) = 23 maka diperoleh hasil ????ℎ???????????????????? 12,440 lebih dari t tabel baik pada taraf signifikansi 5% (2,074) maupun 1% (2,819). Dan hasil analisis pretest 42,52 dan posttest 60,30 pada siswa kelas V dengan hasil uji gain pada pretest diperoleh dengan nilai 0,31 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukan adanya perbedaan penguasaan Maharah Kitabah siswa dalam pembelajaran bahasa Arab sebelum dan sesudah menerapkan permainan Act Out.
Kata Kunci : Act Out, Maharah Kitabah.