Prodi Pendidikan Bahasa Arab
STUDI KOMPARASI PENGUASAAN BELAJAR MAHARAH KALAM ANTARA SANTRI LULUSAN MI DAN SD KELAS VII PUTRI B DI PONDOK PESANTREN DAARUL FALAAH MERDEN BANJARNEGARA TAHUN 2020/2021
XML
Penguasaan belajar merupakan daya penggerak kepada siswa untuk menimbukan kegiatan belajar. Dari adanya menguasai belajar maka siswa mampu menjamin kegiatan itu untuk terlaksana dengan maksimal sebagai bentuk tanggung jawab dari mereka. Dengan penguasaan tersebut dapat mempermudah siswa untuk mencapai tujuan khusus dalam belajar dengan sesuatu yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi belajar santri tentang Maharah Kalam dan untuk mengetahui perbandingan tentang penguasaan materi Maharah Kalam antara santri lulusan MI dan lulusan SD kelas VII putri di pondok pesantren Daarul Falaah Merden, Banjarnegara. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Daarul Falaah khususnya bagi kelas VII putri. Dilihat dari latar belakang pendidikan mereka yang berbeda yaitu MI dan SD sudah bisa dikatakan adanya perbedaan, akan tetapi penulis akan mengetahui perbedaan mereka melalui tes lisan yang diujikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang ditujukan untuk menganalisa data yang berupa angka. Pengumpulan data diambil dari hasil observasi, wawancara, tes lisan Maharah Kalam dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik kuantitatif yang menggunakan statistik dan penghitungan data secara manual. Hasil penelitian di pondok pesantren Daarul Falaah menunjukan bahwa motivasi belajar santri tentang Maharah Kalam masih dilakukan dengan metode konvensional. Untuk belajar Maharah Kalam dalam kelas masih dengan media seadanya dan salah satu medianya masih manual dengan buku. Kemudian ditemukan adanya perbedaan melalui hasil tes lisan Maharah Kalam antara santri lulusan MI dan SD. Berdasarkan hasil uji tes lisan dari seluruh jumlah responden dalam satu kelas baik dari santri lulusan MI dan SD hasil nilai interval adalah 6,2. Kemudian untuk nilai rata – rata skor Maharah Kalam santri lulusan MI dan SD mununjukan adanya perbedaan. Jumlah rata-rata skor Maharah Kalam santri yang lulusan MI lebih besar dari santri lulusan SD yaitu 77,14 > 66. Maka dari hasil data penelitian tersebut menunjukan bahwa hasil motivasi belajar Maharah Kalam santri lulusan MI lebih tinggi dari santri yang lulusan SD.
Kata Kunci: Komparasi Maharah Kalam Santri MI dan SD.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ifa Maulida Khoirunisa - Personal Name
|
Student ID |
2016040038
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |