PROBLEMATIKA PENGENALAN BUNYI (AṢWĀT) BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Pada Siswa RA Masyithoh Kauman Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PROBLEMATIKA PENGENALAN BUNYI (AṢWĀT) BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Pada Siswa RA Masyithoh Kauman Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021)

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengenalan bunyi (Aṣwāt) bahasa Arab, untuk mengetahui problem-problem pengenalan bunyi (Aṣwāt) bahas Arab, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab problematika pengenalan bunyi (Aṣwāt) bahas Arab, serta untuk mengetahui solusi untuk mengatasi problemproblem pengenalan bunyi (Aṣwāt) bahasa Arab pada siswa RA Masyithoh Kauman Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis bingkai. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengenalan bunyi (Aṣwāt) bahasa Arab di RA Masyithoh Kauman Wonosobo dilaksanakan setiap hari dan dijadikan sebagai pembelajaran pembuka atau opening sebelum mamasuki materi pembelajaran inti dengan menggunakan metode mendengarkan dan menirukan atau metode ponetik atau Phonetic Method dan metode melalui media lagu dan musik. Problematika pengenalan bunyi (Aṣwāt) bahasa Arab di RA Masyithoh Kauman Wonosobo ialah terbagi menjadi 2 macam yaitu problem lingusitik dan problem non lingusitik. Adapun problem linguistik yaitu kesalahan dalam pelafalan bunyi (Aṣwāt) bahasa Arab dan kesulitan dalam pembentukan artikulasi pada siswa juga. Sedangkan untuk problem non linguistik yaitu kualifikasi guru pengajar yang tidak sesuai dengan pendidikan guru tersebut, sistem pola asuh yang belum atau bahkan tidak mengenalkan bunyi bahasa Arab sejak dini, dan yakni pengenalan bunyi (Aṣwāt) bahasa Arab yang disampaikan oleh guru di sekolah terfokuskan pada siswa yang belum atau tidak menguasai bunyi (Aṣwāt) bahasa Arab.
Kata kunci : Problematika, Bunyi (Aṣwāt), Anak Usia Dini.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Halimatus Sadiyah - Personal Name
Student ID
2016040009
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail