PENGGUNAAN KITAB ‘IMRITHI DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID DAN PENGUASAAN KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH MUNGGANG WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENGGUNAAN KITAB ‘IMRITHI DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID DAN PENGUASAAN KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH MUNGGANG WONOSOBO

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui penggunaan kitab ‘Imrithi dalam pembelajaran Qawa’id di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Munggang Wonosobo, (2) Mengetahui penggunaan kitab ‘Imrithi dalam penguasaan kitab kuning santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Munggang Wonosobo, (3) mengetahui kelebihan dan kekurangan kitab ‘Imrithi yang digunakan dalam pembelajaran Qawa’id di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Munggang Wonosobo. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan jenis penelitian deskriptif, dengan metode penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok pesantren, dewan ustadz, dan santri kelas ‘Imrithi. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi., sumber data primer yaitu penggunaan kitab ‘Imrithi dalam pembelajaran Qawa’id di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, dan sumber sekunder yaitu data santri, data pengajar, dan sarana prasarana yang ada di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Muggang Wonosobo. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, dan ditarik kesimpulan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah dengan penggunaan kitab ‘Imrithi dalam pembelajaran Qawa’id dan penguasaan kitab kuning santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Munggang Wonosobo yaitu: (1) Dalam pembelajaran kitab ‘Imrithi di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Munggang Wonosobo menggunakan metode hafalan, tanya jawab, dan juga musyawarah, (2) Dalam menerapkan kitab ’Imrithi, santri menggunakan metode sorogan dengan menggunakan kitab Fathul Qorib yang disetorkan langsung kepada ustadz, (3) kelebihan kitab ‘Imrithi yaitu penyampaian materi dengan menggunakan nadzom sehingga mudah dihafalkan, kemudian kekurangannya yaitu santri merasa bosan dengan penyampaian materi ustadz yang monoton.
Kata Kunci: Kitab ‘Imrithi, Pembelajaran Qawa’id, Kitab Kuning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Al-Kholiddaturrohman - Personal Name
Student ID
2016040017
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Asep Sunarko, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail