Khuliya Itmamus Syifa
Pengarang
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Drs. H. Nasokah, alh.,M.Ag
Dosen Pembimbing 1
Sri Jumini, M.Pd
Penguji 1
Chairanti Astina M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran mnemonic untuk meningkatkan daya ingat siswa kelas iv pada mata pelajaran fiqh di MI Ma’arif Kebondalem tahun ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen lapangan. Adapun eksperimen yang digunakan adalah jenis metode pre-eksperimental designs (nondesigns). Adapun desain pada pre-eksperimen yang dipakai adalah intact-group comparison. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas iv di MI Ma’arif Kebondalem tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Dari hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji-gain. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 3,753 dan hasil Ttabel 2,179 pada taraf signifikan 5% yaitu 0,95 didapatkan hasil bahwa untuk uji-t thitung>ttabel yaitu 3,753>2,179. Sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh thitung sebesar 3,753 ttabel 3,055 yang menyatakan bahwa thitung >ttabel. Sehingga dapat sehingga dapat disimpulkan pada taraf signifikan 1% maupun taraf signifikan 5% menunjukan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima yang menyatakan bahwa ada perbedaan prestasi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari uji-gain untuk kelas kontrol diperoleh 0,364 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan daya ingat siswa pada kelas kontrol dinyatakan kategori sedang karena hasil uji-g yaitu 0,30,7. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan daya ingat yang lebih baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran mnemonic.
Kata kunci: Implementasi, Strategi Pembelajaran Mnemonic, Daya Ingat