Prodi PGMI
PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA PENJUMLAHAN SEDERHANA TEMA 5 SISWA KELAS I DI MI MA’ARIF WONOKROMO MOJOTENGAH WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENYELESAIANSOAL CERITA PADA PENJUMLAHAN SEDERHANATEMA 5 SISWA KELAS IDI MI MA’ARIF WONOKROMO MOJOTENGAH WONOSOBOTAHUN PELAJARAN 2019/2020PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENYELESAIANSOAL CERITA PADA PENJUMLAHAN SEDERHANATEMA 5 SISWA KELAS IDI MI MA’ARIF WONOKROMO MOJOTENGAH WONOSOBOTAHUN PELAJARAN 2019/2020
XML
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan metode Quiz Team pada penyelesaian soal cerita pada penjumlahan sederhana tema 5 siswa kelas I MI Ma’arif Wonokromo tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode Quiz Team pada hasil belajar penyelesaian soal cerita pada penjumlahan sederhana tema 5 kelas I di MI Ma’arif wonokromo tahun pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui adakah peningkatan aktifitas belajar siswa dengan penerapan metode Quiz Team pada siswa kelas I MI Ma’arif Wonokromo tahun 2019/2020.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian lapangan, berupa penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Subyeknya adalah MI Ma’arif Wonokromo, dan obyeknya adalah siswa kelas I dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan metode dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penggunaan metode Quiz Team dalam meningkatkan hasil belajar penyelesaian soal cerita pada penjumlahan sederhana tema 5 kelas I MI Ma’arif tahun pelajaran 2019/2020 meliputi kegiatan observasi, mempersiapkan instrument pretest dan postest. Siswa tertarik dengan kegiatan pembelajaran dengan metode Quiz Team, sehingga bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran dan aktif didalamnya. 2) Berdasarkan perhitungan yang dilakukan bahwa hasil belajar dengan metode Quiz Team mengalami peningkatan yang hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar 7,9689, maka tabel pada tahap signifikan 1% (2,473) dan 5% (1,703). Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan t test dengan hasil lebih besar dari ttabel, pada tahap signifikan 1% (2,473) dan 5% (1,703). Dengan demikian, berdasarkan hasil perhitungannya dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa: “Penggunaan metode Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar penyelesaian soal cerita pada penjumlahan sederhana tema 5 pada siswa kelas I MI Ma’rif Wonokromo tahun pelajaran 2019/2020” dapat diterima. 3) Peningkatan aktivitas belajar dengan penerapan metode Quiz Team pada siswa kelas I MI Ma’arif Wonokromo tahun pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori sedang , didasarkan pada hasil uji g diperoleh nilai gain sebesar 0,50268.
Kata kunci:Quiz Team, Penjumlahan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Atika Karima - Personal Name
|
Student ID |
2016030018
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |