• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENGARUH PENERAPAN MODEL NONDIRECTIVE LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 MI MA’ARIF KARANGLUHUR KERTEK WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021 PENGARUH PENERAPAN MODEL NONDIRECTIVE LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 MI MA’ARIF KARANGLUHUR KERTEK WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    PENGARUH PENERAPAN MODEL NONDIRECTIVE LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 MI MA’ARIF KARANGLUHUR KERTEK WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021

    XML

    Kehidupan tidak terlepas dengan peran bahasa. Berbahasa yang baik dan benar merupakan hal yang penting dalam berinteraksi terhadap sesama. Penggunaan bahasa yang baik menunjukan jati diri masyarakat yang baik. Ada beberapa aspek kemampuan berbahasa, pertama menyimak, kedua berbicara, ketiga membaca, dan keempat menulis. Dalam berbahasa yang baik dan benar kita bisa berbagi cerita kepada sesama dengan nyaman. Adanya permasalahan yang dihadapi di MI Ma’arif Karangluhur adalah kurangnya kemampuan bercerita siswa kelas 3 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bercerita seorang siswa bisa dapat diperhatikan dalam pemilihan model pembelajaran oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model nondirective learning untuk meningkatkan kemampuan bercerita padamata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 MI Ma’arif Karangluhur Kertek Wonosobo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-eksperimen one group, dengan uji validitas menggunakan validitas konstruk yaitu expert judgment. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi sehingga instrument yang dipakai adalah lembar observasi. Teknik analisis data atau hipotesisnya menggunakan paired simple test dengan analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran nondirective learning terhadap kemampuan bercerita siswa kelas 3 di MI Ma’arif Karangluhur Kertek Wonosobo tahun pelajaran 2020-2021. Dapat kita lihat dari perhitungan menggunakan paired simple test yang menunjukkan bahwa ada peningkatan rata-rata dari kelas pretest ke posttestnya. Untuk nilai rata-rata prertest adalah 52,2 sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 81. Dan dapat kita lihat pada hasil perhitungan Sig (2 tailed) menunjukkan hasil 0,000 sehingga didalam ketentuan jika sig (2 tailed) < 0,05 bermakna bahwa terdapat peningkatan menggunakan model pembelajaran nondirective learning terhadap kemampuan bercerita siswa kelas 3 di MI Ma’arif Karangluhur Kertek Wonosobo Tahun Pelajaran 2020-2021. Dengan demikian model nondirective learning untuk meningkatkan kemamuan bercerita siswa ini layak digunakan sebagai model pembelajaran guru dalam kegiatan belajar mengajar.
    Kata kunci: nondirective learning, kemampuan, bercerita


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Tika Devi Aprilia - Personal Name
    Student ID
    2017030013
    Dosen Pembimbing
    Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
    Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    PGMI
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail