• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI MA’ARIF KLIWONAN TAHUN AJARAN 2021/2022 IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI MA’ARIF KLIWONAN TAHUN AJARAN 2021/2022

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI MA’ARIF KLIWONAN TAHUN AJARAN 2021/2022

    XML

    Tujuan dari penelitian yaitu pertama,untuk mengetahui bagaimanaimplementasi Model Learning Cycle 5 Fase pada mata pelajaran IPA. Kedua,untuk mengetahui keefektifan Model Learning Cycle 5 Fase terhadap peningkatanhasil belajar IPA.Ketiga, Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar padapembelajaran IPA.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian, kuantitatif denganmenggunakanmetode eksperimen dan desain penelitianQuasi Exsperimentaldengan teknik Nonequivalent Control Group Desing. Penelitian dilaksanakan diMI Ma‟arif Kliwonan, dengan sampel siswa kelas IV yang berjumlah 60siswaterbagi menjadi 2 kelas.Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara,tes soal pilihan ganda dan dokumentasi.Model Learning Cyccle 5 Fasediterapkan pada pembelajaran tematik tema4 subtema 1 pembelajaran 1 materi IPA yaitu tentang sumber daya danpelestariannya dengan tahap pembelajaran yang pertama pembangkitanminat(Engangmen),eksplorasi(expliartion),menjelaskan(explanation),xiiimemperluas(elaboration), dan evaluasi (evaluation).Berdasarkan hasil penelitianmenunjukan Hasil dari uji gain kelas eksperimen ada peningkatan dalam hasilbelajar 0,764>0,7 dapat dikategorikan kreteria tinggi. Hasil dari uji gain kelaskontrol diperoleh hasil belajar 0,502, dapat dikategorikan kreteria sedang karena0,3 < 0,502 < 0,7. Ada peningkatan hasil belajar IPA kelas IV MI Ma‟arifKliwonan dengan menggunakan model learning cycle 5fase.Pengujian hipotesisdiperoleh thitung sebesar 5,42 selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan t tabel dengan dk = n1+n2-2 = 58 dan taraf kesalahan 5% diperoleh thitung = 5,42 dan diketahui ttabel = 2,0017. Uji t dengan dk 58 dan taraf kesalahan 1% diketahui ttabel=2,6633. Dalam hal ini berlaku ketentuan bila thitung lebih besar dari t tabel, maka HO ditolak dan Ha diterima. Ternyata diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (5,24>2,6633 dan 5,24>2,0017). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Ada peningkatan hasil belajar IPA yang signifikan pada kelas IV MI Ma‟arifKliwonan dengan menggunakan model learning cycle 5fase dan yang tidakmenggunakan model learning cycle 5fase.
    Kata Kunci :ModelLearning Cycle 5 fase, Hasil Belajar, IPA


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Sri Wahyu Handayani - Personal Name
    Student ID
    2017030023
    Dosen Pembimbing
    Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    PGMI
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail