Prodi Pendidikan Agama Islam
KONSEP PENDIDIKAN KESETARAAN GENDER DALAM ISLAM (Kajian Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13)
XML
ANSORI, KONSEP PENDIDIKAN KESETARAAN GENDER DALAM ISLAM (Kajian Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13) Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur’an di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep pendidikan kesetaraan gender dalam Islam berdasatkan Al-Qur’an surat Al-hujurat ayat 13., 2) Untuk mengetahui isi kandungan surat Al-hujurat ayat 13Penelitian ini merupakan Library Research (penelitian kepustakaan), yakni dengan melakukan penelusuran terhadap sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan permasalahan yang penulis angkat dengan pendekatan content analisys. Sedangkan untuk kajian ayat, penulis menggunakan pendekatan Maudu’i.Konsep pendidikan kesetaraan gender dalam kajian Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 13 adalah manusia memiliki derajat kemanusiaan yang sama di sisi Allah, , tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku yang lain, satu bangsa dengan bangsa yang lain, karena jika dilihat dari sisi penciptaan , manusia diciptakan dari nenek moyang yang satu.Masing-masing manusia memiliki tugas, kewajiban dan haknya masing-masing sesuai dengan porsinya. Tugas, hak, dan kewajiban manusia itu sendiri berlaku pada tiap tiap individu dan hal itu dapat diketahui melalui pendidikan yang merata pada tiap tiap individu tersebut. Tujuan dari diciptakannya manusia secara beragam salah satunya adalaha agar manusia saling mengenal dan memberi manfaat untuk menuju kepada kemuliaan yang hakiki di sisi Allah, yaitu kemuliaan yang berdasar atas landasan taqwa.
Kata kunci : Konsep Pendidikan Kesetaraan Gender
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ansori - Personal Name
|
Student ID |
2016010175
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |