Prodi PIAUD
PENERAPAN METODE KIBAR DALAM BELAJAR MEMBACA ALQURAN KELAS 5 DI MI MUHAMMADIYAH KERTEK TAHUN AJARAN 2020/2021
XML
Tujuan penelitian,diantaranya: yang pertama untuk mengetahui bagaimanapenerapan metode KIBAR dalam belajar membaca al-Qur’an di MIMuhammadiyah Kertek. Kemudian yang kedua untuk mengetahui apakahpenerapan metode KIBAR dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’andi MI Muhammadiyah Kertek.dan yang ketiga untuk mngetahui apa saja faktorfaktorpendukung dan penghambat dalam belajar membaca al-Qur’an denganmetode KIBAR di MI Muhammadiyah Kertek.Penelitian ini dilakukan berdasarkan subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 MIMuhammadiyah kertek dengan jumlah 32 siswa. Sekolah ini dipilih karenasekolah ini menggunakan metode KIBAR dalam meningkatkan kemampuanmembaca al Qur’an. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitiankualitatif ini mencakup transkip hasil wawancara, reduksi data, analisis,interpretasi data dan triangulasi. Dari hasil analisis data yang kemudian dapatditarik kesimpulan. Berikut ini adalah teknik analisis data yang digunakan olehpeneliti diantaranya; pertama reduksi data, yaitu penyusunan data secara sistematissesuai dengan topik penelitian sehingga dapat memberikan gambaran jelas mengenaihasil penelitian, kedua display data, yaitu menyajikan data dalam bentuk uraian singkat,bagan hubungan antar ketegori, dan sejenisnya, ketiga kesimpulan, yaitu menarikkesimpulan yang memenuhi syarat kredibilitasnya dan objektifitas dari data-data yangtelah direduksi.Hasil penelitian pada penulisan skripsi ini mencangkup : pertama penerapanmetode KIBAR dalam belajar membaca al Qur’an di MI Muhammadiyah Kertekantara lain: 1) Guru mencontohkan materi bacaan menggunakan buku panduanKIBAR. 2) Siswa menirukan bacaan yang dicontohkan guru secara bergantian. 3)Guru menyuruh anak membaca satu-persatu secara bergiliran. 4) Setelahsemuanya membaca secara kalsikal, kemudian guru menyimak satu-persatumuridnya. Kedua metode KIBAR dapat meningkatkan kemampuan membaca alQur’anbagipesertadidikMIMuhammadiyahKertek,PenerapanmetodeKIBARdapatmeningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta didik MIMuhammadiyah Kertek, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi bahwa awalmasuk kelas 5 semua siswa belajar membaca al-Qur’an dengan menggunakanbuku KIBAR A. Setelah satu semester 10% dari 32 siswa masih berada di KIBARA, 10 % dari 32 siswa di KIBAR B, 30 % dari 32 siswa naik di KIBAR C, dan50% sudah naik belajar membaca al-Qur’an yang dibuktikan dari capaian prestasibelajar harian anak dan evaluasi dari masing-masing siswa.
Kata Kunci : KIBAR dan cara membaca Al-Quran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ernawati - Personal Name
|
Student ID |
2016030001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |