Ahmad Khanif
Pengarang
Firdaus, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Siti Sarah, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Ahmad Khoiri, M.Pd
Penguji 2
Ahmad Khanif. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (Predict-Observe-xplain) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANMENGANALISIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengahdi Wonosobo, 2020Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan kemampuanmenganalisis siswa setelah diterapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain), 2) Mengetahui perbedaan rasa ingin tahu siswa setelah diterapkan modelpembelajaran POE (Predict-Observe-Explain), 3) Meningkatkan kemampuanmenganalisis siswa setelah diterapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain).Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan medotequasi eksperimen, yaitu control-group pre-test post-test design. Sampel padapenelitian ini yaitu kelas VIII SMP PGRI 3 KEPIL tahun pelajaran 2019/2020,dimana kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai kelaseksperimen.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuanmenganalisis dengan menggunakan uji-t dengan dk 47 dan taraf signifikan 5%diperoleh thitung 5,49 dan ttabel 2,012, dimana thitung > ttabel. 2) ada perbedaan rasa ingintahu dengan menggunakan uji-t dengan dk 47 dan taraf signifikan 5% diperolehthitung 4,14 dan ttabel 2,012, dimana thitung > ttabel. 3) ada peningkatan kemampuanmenganalisis dengan uji N-gain kelas eksperimen diperoleh 0,60, kelas kontrol0,32. Keduanya termasuk dalam kategori sedang, tetapi kelas eksperimen memilikinilai G yang lebih besar yang berarti peningkatanya lebih tinggi dari kelas kontrol.Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwamdel pembelajaran POE dapat meningkatkan kemampuan menganalisis siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran POE, Kemampuan menganalisis, Rasaingin tahu.