• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Fisika

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

    XML

    Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan modelpembelajaran MASTER dengan metode diskusi dalam meningkatkan pemahamankonsep dan keterampilan generik sains siswa pada mata pelajaran fisika; 2) untukmengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran MASTER dengan metodediskusi dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sainssiswa pada mata pelajaran fisika; 3) untuk mengetahui seberapa besar peningkatanpemahaman konsep fisika dan keterampilan generik sains siswa setelahmenggunakan model pembelajaran MASTER dengan metode diskusi.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metodepenelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimenmenggunakan the one group pretest-posttest design. Pemilihan sampel dalampenelitian ini menggunakan Nonprobability sampling dengan sampel total ataujenuh, karena jumlah populasi relatif kecil kurang dari 30 orang dengan jumlah18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest bentukpilihan ganda) dan observasi. Soal untuk pretest dan posttest diuji cobamenggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Pembeda.Proses pengujian tes menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T-Test,Uji Wilcoxon Paired Test, dan Uji N-Gain.1) hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatanpemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa saat menggunakanmodel pembelajaran MASTER dengan metode diskusi. 2) hasil dari uji statistikvariabel pemahaman konsep thitung 0,015 yang berarti nilainya dibawah 0,05 (thitung< ttabel) Ho ditolak atau terdapat pengaruh, sedangkan pada variabel keterampilangenerik sains harga thitung lebih kecil dari ttabel, (-9,47437 < -2,1098) Ho diterimadan Ha ditolak sehingga terdapat pengaruh. 3) hasil Uji N-Gain variabelpemahaman konsep yakni 0,18 dan variabel keterampilan generik sains 0,7.Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran MASTERdengan metode diskusi lebih tinggi dalam meningkatkan keterampilan generiksains dari pada pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII di Mts Raudlotul Falahtahun ajaran 2022/2023.
    Kata kunci: Pembelajaran MASTER, Metode Diskusi, Pemahaman Konsep,Keterampilan Generik Sains, Mata Pelajaran Fisika


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Makrifatul Khasanah - Personal Name
    Student ID
    2018020019
    Dosen Pembimbing
    Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Penguji
    Nasokha, M.Ag., Alh - - Penguji 1
    Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 2
    Kode Prodi PDDIKTI
    84203
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan fisika
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail