Prodi Pendidikan Fisika
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SCIENCE WRITING HEURISTIC (SWH) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: I) menganalisis kemampuan argumentasi siswayang memperoleh penerapan pembclajaran inkuiri berbasis SWH dan siswa yangmenerapkan metode konvensional, 2) menganalisis perbedaan kemampuanargumentasi siswa yang mempcroleh penerapan pembelajaran inkuiri berbasisSWH dengan kemampuan argumentasi siswa yang menerapkan metodekonvensional, 3) mengetahui respon siswa terkait penerapan pembelajaran inkuiriberbasis SWH.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pcnelitiankuasi eksperimen dan posttest only control non-equivalent group design.Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling mengambil sampel 60murid terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan datamenggunakan wawancara, dokumentasi, portofolio, dan angket. Post-testdiberikan kepada dua kelompok siswa berupa portofolio laporan penyelidikan.lnstrumen diuji coba menggunakan uji validitas dan reliabillitas. Proses pengujiantes menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh penerapanpembelajaran inkuiri berbasis SWH mempunyai kemampuan argumentasi lebihbaik. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian posttest siswa pada kelas eksperimenmemperoleh nilai rata-rata 59 dengan rincian komponen argumentasinya yaituclaim 84.17%, data 72.50%, warrant 52.50%, backing 47.50%, qualifier 54,17%,dan rebuttal 42.50%. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 43.23dengan rincian masing-masingnya yaitu 63.33%, 60%, 38.33%, 27.5%, 26.67%,dan 43.33%. Hasil uji statistik tung>tater pada taraf signifikansi 5% yaitu4.801>2.002 yang berarti ada perbedaan signifikan kemampuan argumentasiantara kelompok kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menyimpulkankemampuan argumentasi kelompok eksperimen lcbih unggul daripada kelaskontrol, sehingga penerapan pembelajaran inkuiri berbasis SWH ke dalamkegiatan pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan argumentasi siswa.Persentase rata-rata respon siswa diperoleh sebesar 72% yang menunjukkanbahwa respon positif.
Kata kunci: Science Writing Heuristic, Argumentasi Siswa, Mata PelajaranIPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fidha Merry Anjani - Personal Name
|
Student ID |
2018020026
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
|
Doi |