• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (KO-TPS) MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP (Studi Kasus Pembelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batur) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (KO-TPS) MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP (Studi Kasus Pembelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batur)

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Fisika

    PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (KO-TPS) MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP (Studi Kasus Pembelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batur)

    XML

    Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah penerapan modelKO-TPS melalui metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan kolaborasisiswa dan pemahaman konsep; 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatanketerampilan kolaborasi siswa dan pemahaman konsep dengan penerapan modelKO-TPS melalui metode eksperimen.Skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa QuasiEksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Kontrol Design. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengetahui peningkatanpemahaman konsep dan kuisioner untuk mengetahui peningkatan keterampilankolaborasi siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah ujipendahuluan berupa uji kesamaan awal siswa dengan uji-t, uji persyaratan analisisberupa uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain. Hasilpenelitian ini berdasarkan kajian teori dan pembahasan serta mengacu padaperumusan masalah, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan modelpembelajaran KO-TPS melalui metode Eksperimen yang dilakukan pada kelasVIII di MTs Muhammadiyah Batur dapat meningkatkan keterampilan kolaborasisiswa. Hal ini dikarenakan siswa mampu memahami masing-masing indikatorpada keterampilan kolaborasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telahdilakukan, diperoleh hasil peningkatan keterampilan kolaborasi siswa denganprosentase rata-rata sebesar 80,75% sehingga dapat disimpulkan tingkatketerampilan kolaborasi siswa berada dalam kriteria tinggi. 2) Penerapan modelKO-TPS melalui metode eksperimen pada kelas VIII di MTs MuhammadiyahBatur merupakan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkanpemahaman konsep siswa. Dengan diberikannya soal pre-test dan post-test padamasing-masing kelas, didapatkan hasil peningkatan pemahaman konsep siswapada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan dari hasilpenelitian yang telah dilakukan, ada peningkatan pemahaman konsep siswadengan penerapan model KO-TPS melalui metode Eksperimen. Hal ini dapatdilihat pada uji hipotesis dengan diperoleh thitung adalah 6,32 sedangkan besar ttabeldengan dk 20+20-2 = 38 dan kesalahan relatif 1% adalah 2,712 dan 5% = 2,024.Karena thitung > ttabel (1%; 6,32 > 2,712 dan 5%: 6,32 > 2,024), maka H0 ditolakdan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada perbedaan antarapembelajaran dengan menggunakan model KO-TPS melalui metode eksperimendengan pembelajaran secara konvensional”. Hal ini menunjukan bahwa tingkatpemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
    Kata Kunci: Think Pair Share, Metode Eksperimen, KeterampilanKolaborasi


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Anisa Rakhmadhani - Personal Name
    Student ID
    Dosen Pembimbing
    Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    84203
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan fisika
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail