Prodi PGMI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III MELALUI PERMAINAN “SAMPAR PETAKA RAGA” DI MI MA’ARIF KLIWONAN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2021/2022
XML
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengatahui penggunaan permainan sampar petaka raga pada siswa kelas III MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo tahun ajaran 2021/2022. 2) untuk mengetahui pengaruh permainan sampar petaka raga terhadap hasil belajar perkalian pada siswa kelas III MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo tahun ajaran 2021/2022. 3) untuk mengatahui perbedaan peningkatan hasil belajar perkalian melalui permainan sampar petaka raga dan yang tindak menggunakan permainan sampar petaka raga pada siswa kelas III MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendakatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III MI Ma’arif Kliwonan. Teknik pengambilan sampel dengan cara non random sampling. Sampel yang diambil adalah kelas III A yang berjumlah 28 siswa dan III B yang berjumlah 28 siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) penerapan sampar petaka raga merupakan metode baru yang diterapkan pada siswa kelas III MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo tahun pelajaran 2021/2022. Dengan menggunakan permainan ini pembelajaran menjadi semakin menarik, siswa lebih antusias dalam melaksanakan pembelajaran. 2) Ada peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata postes yang menggunakan permainan sampar petaka raga lebih tinggi yakni 88,25 dibanding kelas control 78,18. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji-t yang diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel atau 5,26 > 2,0049 dengan taraf signifikan 5%, sedangkan pada taraf signifikan 1% = 2,6700. Maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Sampar Petaka Raga, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ery Mugiarti - Personal Name
|
Student ID |
2017030049
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |