Prodi Pendidikan Fisika
PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI TEKNOLOGI SISWA
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat pemahaman awalsiswa sebelum penerapan simulasi PhET; 2) Mengetahui tingkat pemahamanakhir siswa setelah penerapan simulasi PhET; 3) Mengetahui ada atau tidaknyaperbedaan peningkatan hasil belajar dan literasi teknologi siswa; 4) Mengetahuibesar peningkatan hasil belajar dan literasi teknologi siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan TrueExperimental Design dan metode Pretest-Posttest Control Group Design. KelasXI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa soal tes pilihan gandamateri Elastisitas dan kuesioner literasi teknologi. Teknik analisis datamenggunakan uji pendahuluan dengan uji-t. Uji persyaratan analisis dengan ujinormalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dengan uji t dua pihak dan uji lanjutmenggunakan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pemahaman awal siswadalam materi Elastisitas masih dalam kategori rendah yaitu dengan rata-rata39,429 untuk kelas kontrol dan 44 untuk kelas eksperimen; 2) Tingkatpemahaman akhir siswa dalam materi Elastisitas ini meningkat setelah diberiperlakuan, yaitu dengan rata-rata 70,286 untuk kelas kontrol dan 83,714 untukkelas eksperimen; 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung (4,108) > ttabel(1,995) dengan dk 35+35-2=68 dan taraf signifikan 5%. Sehingga H0 ditolak danHa yang berbunyi “Terdapat perbedaan peningkatan dalam penggunaan mediaPhET Simulations terhadap hasil belajar dan literasi teknologi siswa MASS ProtoKelas XI MIA Tahun Akademik 2021 dalam materi Elastisitas” diterima; 4)Peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 30,857% dengan n-gain sebesar0,509 berkategori sedang. Sedangkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimenberkategori tinggi dengan n-gain sebesar 0,709 dan peningkatan sebesar 39,714%.Selain itu rata-rata literasi teknologi siswa sebesar 71,648% sehingga disimpulkantingkat literasi teknologi siswa berada dalam kriteria tinggi.
Kata Kunci : Daring, Hasil Belajar, Literasi Teknologi, PhET Simulations.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Khakimah - Personal Name
|
Student ID |
2017020020
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |