IMPLEMENTASI METODE PICTORIAL RIDDLE BERBASIS VIDEO ERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojotengah Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Tahun 2020/2021)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

IMPLEMENTASI METODE PICTORIAL RIDDLE BERBASIS VIDEO ERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojotengah Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Tahun 2020/2021)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapanmetode pictorial ridlle berbasis video di kelas VIII A SMP Negeri 1 Mojotengah,(2) Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan metodepictorial ridlle berbasis video di kelas VIII A SMP Negeri 1 Mojotengah, (3)mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metodepictorial riddle berbasis video dengan yang menggunakan metode konvensional.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakanmetode True Experiment sampel yang dipilih secara random. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengetahui hasil belajarsiswa dan teknik observasi untuk mengetahui prilaku peserta didik serta prosespembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas,uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain.Hasil penelitian ini berdasarkan kajian teori dan pembahasan penelitianserta mengacu pada perumusan masalah, maka dapat disimpulakan bahwa: (1)Penerapan metode pictorial riddle berbasis video diawali dengan penyajianmasalah, siswa dihadapkan pada suatu permasalahan dalam bentuk gambarberbasis video berupa peristiwa yang menimbulkan teka-teki. Siswamengidentifikasi masalah dan mengadakan eksperimen dengan pengumpulandata, melakukan pengamatan berdasarkan riddle, kemudian merumuskanpenjelasan, melakukan tanya jawab dan diskusi. sedangakan kelas kontrol denganmetode konvensional (ceramah dan diskusi). (2) Dari uji hipotesis dengan t-test,diperoleh t hitung 4,70 sedangkan t tabel (dk = 38) dan  1% = 2,712 dan 5% =2,024. Karena t hitung > t tabel (1%; 4,70> 2,712 dan 5%; 4,70> 2,024), makahipotesis diterima, yaitu ada perbedaan peningkatan pembelajaran yangmenggunakan metode pictorial riddle berbasis video pada materi usaha danpesawat sederhana. Karena metode pictorial riddle berbasis video adalah metodeyang menampilkan ilustrasi gambar, berkembang semakin luas, mendalam daripada pengembangan intelektual, dengan adanya prinsip bertanya, interaksi, belajaruntuk berpikir dan prinsip keterbukaan ini dapat mempengaruhi hasil belajarsiswa. (3) Penerapan metode pictorial riddle berbasis video dapat meningkatkanhasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil belajar dengan uji gain pada kelaseksperimen diperoleh 0,754 (kategori tinggi) yang dilakukan dengan metodepictorial riddle berbasis video dan kelas kontrol diperoleh 0,232 (kategori rendah)dengan menggunakan metode konvensional.
Kata kunci: pictorial riddle berbasis video, hasil belajar, usaha dan pesawatsederhana


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aina Salasabila - Personal Name
Student ID
2017020022
Dosen Pembimbing
Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail