Orisa Fani Daninggar
Pengarang
M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 2
Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Eko Prawoto, S.E., M.M.
Penguji 1
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan komunikasi terhadap kepuasan masyarakat (studi kasus pada Kantor Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Kepil yang melakukan pelayanan pada kantor Kecamatan Kepil. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik quota sampling yang berjumlah 91 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Penelitian analisis regresi linier berganda menunjukkanbahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan komunikasi masing-masing berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Selain itu diketahui nilai koefisien determinasi (adjusted R square) adalah 90,6%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan komunikasi, sedangkan sisanya 9,4% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : kualitas pelayanan, fasilitas, dan komunikasi.