Wahyu Novi Astuti
Pengarang
Dr. Hermawan, S.T., M.M., M.T.
Dosen Pembimbing 1
Eko Prawoto, S.E., M.M
Ketua Penguji
Hj. R.A.E.P. Apriliani, S.E., M.M.
Penguji 1
Usaha dalam bidang Salon Ayu Beauty Centre di Wonosobo dapat menghasilkanpendapatan pemilik usaha dengan pelayanan yang ada. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui 1) faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usahaSalon Ayu Beauty Centre di Wonosobo, 2) strategi pengembangan usaha SalonAyu Beauty Centre di Wonosobo. Metode yang digunakan adalah surveideskriptif. Responden penelitian adalah pelanggan Salon Ayu Beauty Centre diWonosobo. Data di analisis dengan analisis faktor internal-eksternal. Hasilpenelitian menunjukan bahwa faktor eksternal yang menjadi peluang danancamannya telah diinventarisasi. Strategi untuk mengembangkan usaha SalonAyu Beauty Centre di Wonosobo adalah strategi agresif. Sedangkan strategi yangdapat diterapkan oleh Salon Ayu Beauty Centre di Wonosobo berdasarkan hasilrumusan analisis SWOT meliputi empat strategi SO (Strengths-Opportunities)yaitu (a) Menjaga kerjasama saluran pelanggan yang lebih baik dengan pihakkonsumen untuk memenuhi permintaan kebutuhan sesuai selera konsumen yangmeningkat, (b) Menambah kualitas pelayanan dan produksi guna menambahjumlah pelanggan yang berminat dalam perawatan kecantikan, (c)Mengembangkan inovasi variasi jasa yang baru dengan membuka beberapacabang usaha salon agar dapat juga membuka lowongan pekerjaan, (d) Menjagakualitas pelayan dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan akan menarikpelanggan usaha salon.
Kata kunci: Salon, Pelayanan, SWOT, Faktor internal-eksternal, Strategipengembangan usaha