Prodi PIAUD
PERANAN GURU BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN DI RA MASYITHOH KEJIWAN KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2018
XML
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam peningkatan aspek perkembangan anak di RA Masyithoh Kejiwan. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru berprestasi di RA Masyithoh Kejiwan dalam meningkatkan aspek perkembangan anak. (3) Untuk mengetahui hambatan guru dalam meningkatkan aspek perkembangan anak di RA Masyithoh Kejiwan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan (1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru berprestasi memberikan efek positif bagi hasil peningkatan aspek perkembangan anak di RA Masyithoh Kejiwan, peningkatan aspek perkembangan anak berkembang secara bertahap dan kontinyu sesuai dengan tahap perkembangannya. (2) Peran guru berprestasi menjadi penentu kesuksesan pembelajaran anak dalam peningkatan aspek perkembangan anak dengan perkembangan anak yang sesuai dengan tahapan usia dan prestasi yang didapatkan anak. Berbaris dengan nyayian dan gerakan (Menstimulus motorik kasar) (a). Pembiasaan antri masuk ke kelas setelah berbaris (Menstimulus sosial emosional anak), (b). Berdoa setiap awal kegiatan dan akhir kegiatan (Menstimulus keagamaan anak), (c). Menebalkan pola dan mengguting LKA (Menstimulus motorik halus), (d). Bermain bongkar pasang puzzle dan lego (Menstimulus kognitif anak), (e). Guru menceritakan dongeng dan diberikan pertanyaan (Menstimulus bahasa anak). (3) Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan aspek perkembangan anak : (a). Guru berprestasi yang sering mendapatkan tugas luar atau kegiatan peningkatan kinerja guru yang mengaruskan banyak waktu yang dihabiskan di luar, (b). Kurangnya keikut sertaan orangtua dalam upaya meningkatkan aspek perkembangan anak, Banyak orangtua yang menyerahkan sepenuhnya anak kepada guru, hal ini karena kurangnya waktu dari orangtua untuk anaknya, orangtua sibuk dengan pekerjaannya. (3) Faktor lingkungan yangt kurang sesuai dengan pembelajaran yang ada dalam sekolah
Kata Kunci : Peranan, Guru, Berprestasi, Aspek Perkembangan, Anak.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rr Gusti Ayu Puspa Negara - Personal Name
|
Student ID |
2015240021
|
Dosen Pembimbing |
Sri Haryanto Alfandy, M. Pd.I. - - Dosen Pembimbing 1
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2019 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |