Prodi PIAUD
PENGGUNAAN MEDIA DAKON MATEMATIKA (DAKOTA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG TINGKAT RENDAH 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A RA TARBIYATUL MUTAQIN KRASAK KECAMATAN MOJOTENGAH KEBUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
XML
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana (1) penggunaan media dakon matematika (Dakota) dalam meningkatkan kemampuan berhitung tingkat rendah 1-10 pada anak kelompok A di RA Tarbiyatul Krasak, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) adakah perbedaan kemampuan berhitung tingkat rendah 1-10 pada pretes dan posttest pada anak kelompok A di RA Tarbiyatul Krasak, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Adakah peningkatan kemampuan berhitung tingkat rendah 1-10 dengan penggunaan media dakon matematika (Dakota) pada anak kelompok A di RA Tarbiyaul Krasak, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara dan metode dokumentasi
Hasil penelitian ini adalah: Penggunaan media dakon matematika (Dakota) dapat meningkatkan kemampuan berhitung tingkat rendah 1-10 pada kelompok A RA Tarbiyatul Mutaqin Krasak, Mojotengah Wonosobo hal ini ditunjukan dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 10,1735>2,8073. Peningkatan kemampuan berhitung tingkat rendah 1-10 pada anak kelompok A RA Tarbiyatul Mutaqin Krasak Mojotengah Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori sedang, didasarkan pada hasil uji g diperoleh nilai gain sebesar 0,61.
Kata Kunci : Media Dakon Matematika, Berhitung Tingkat Rendah 1-10.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Niken Eka Ariyani - Personal Name
|
Student ID |
2018240107
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2019 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |