Prodi PGMI
PERAN BIMBINGAN KELUARGA DALAM MENJAGA STABILITAS EMOSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF KEJIWAN WONOSOBO 2021/2022
XML
Peran bimbingan yang diberikan orang tua pada siswa kelas VI dalam menjaga stabilitas emosi pada pembelajaran jarak jauh yaitu, orang tua sebagai pembimbing utama anak ketika mengikuti pembelajaran jarak jauh sudah sewajarnya untuk mendidik anak seperti mendampingi anak mengikuti pembelajaran jarak jauh dan menjelaskan ulang materi-materi yang telah guru sampaikan, kedua memotivasi sebagai orang tua memberikan dorongan serta semangat kepada anak merupakan upaya agar anak semangat melaksanakan pembelajaran, ketiga memfasilitasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar baik itu dirumah orang tua sudah seharusnya menyediakan fasilitas kepada anak seperti memberikan handphone kepada anak agar mudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui bimbingan orang tua dalam menjaga stabilitas emosi siswa saat pembelajaran jarak jauh. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskristif. Penelitian ini dilakukan di MI Ma‟arif Kejiwan. Subjek yang diteliti adalah orang tua dan siswa. Penelitian ini mengambil sumber dari buku, jurnal, skripsi, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitiian ini adalah orang tua berperan penting dalam membimbing siswa ketika mengikuti pembelajaran jarak jauh. Dengan meluangkan waktunya untuk mendampingi siswa ketika mengikuti pembelajaran jarak jauh, hal ini dapat membantu siswa sehingga siswa merasa diperhatikan dan membuat emosi siswa menjadi stabil.
Kata Kunci: Orang tua, Pembelajaran Jarak Jauh, Stabilitas Emosi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nyemas Catur Aras Hayati - Personal Name
|
Student ID |
2018030069
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : ., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |