Prodi PIAUD
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP EMPATI ANAK USIA DINI PADA ANAK DI RA MASYITHOH ANDONGSILI KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan metode bermain peran dalam meningkatkan sikap empati pada anak usia dini di RA Masyithoh Andongsili Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Bagaimana sikap empati pada anak usia dini di RA Masyithoh Andongsili Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022 (3) seberapa besar peningkatan kemampuan sikap empati dengan pelaksanaan metode bermain peran pada anak usia dini di RA Masyithoh Andongsili Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen, sampel penelitian adalah siswa anak kelompok A RA Masyithoh Andongsili yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, analisis pendahuluan dan analisis uji hipotesis.Hasil penelitian ini adalah : 1) Penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan empati anak di RA Masyithoh Andongsili meliputi beberapa proses, antara lain: (a) Perencanaan Pembelajaran Metode Bermain Peran, Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), Kompetensi dasar (KD), Indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan sumber belajar. (b) Proses Pembelajaran Metode Bermain Peran : (1) Kegiatan pendahuluan (2) Kegiatan inti (3) Kegiatan akhir. 2) Peningkatan kemampuan empati anak kelompok A di RA Masyithoh Andongsili Mojotengah Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori sedang, didasarkan pada hasil uji g diperoleh nilai gain sebesar 0,60. Dalam pretest terdapat 9 anak yang mendapat nilai BB (38%), 13 anak yang mendapat nilai MB (54%), 2 anak yang mendapat nilai BSH (8%) dan 0 anak yang mendapat nilai BSB (0 %). Dalam postest terdapat 0 anak yang mendapat nilai MB (0%), 20 anak yang mendapat nilai BSH (83%) dan 4 anak yang mendapat nilai BSB (17%). 3) peningkatan sikap empati anak di RA Masyithoh Andongsili dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan empati melalui penggunaan metode bermain peran dengan kategori sedang, karena hasil uji G yaitu 0,3 < g < 0,7.
Kata Kunci : Empati Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rahayu Fatha Umi Kulsum - Personal Name
|
Student ID |
2017240034
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |