PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP EMPATI ANAK USIA DINI PADA ANAK DI RA MASYITHOH ANDONGSILI KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP EMPATI ANAK USIA DINI PADA ANAK DI RA MASYITHOH ANDONGSILI KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan metode bermain peran dalam meningkatkan sikap empati pada anak usia dini di RA Masyithoh Andongsili Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Bagaimana sikap empati pada anak usia dini di RA Masyithoh Andongsili Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022 (3) seberapa besar peningkatan kemampuan sikap empati dengan pelaksanaan metode bermain peran pada anak usia dini di RA Masyithoh Andongsili Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen, sampel penelitian adalah siswa anak kelompok A RA Masyithoh Andongsili yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, analisis pendahuluan dan analisis uji hipotesis.Hasil penelitian ini adalah : 1) Penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan empati anak di RA Masyithoh Andongsili meliputi beberapa proses, antara lain: (a) Perencanaan Pembelajaran Metode Bermain Peran, Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), Kompetensi dasar (KD), Indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan sumber belajar. (b) Proses Pembelajaran Metode Bermain Peran : (1) Kegiatan pendahuluan (2) Kegiatan inti (3) Kegiatan akhir. 2) Peningkatan kemampuan empati anak kelompok A di RA Masyithoh Andongsili Mojotengah Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori sedang, didasarkan pada hasil uji g diperoleh nilai gain sebesar 0,60. Dalam pretest terdapat 9 anak yang mendapat nilai BB (38%), 13 anak yang mendapat nilai MB (54%), 2 anak yang mendapat nilai BSH (8%) dan 0 anak yang mendapat nilai BSB (0 %). Dalam postest terdapat 0 anak yang mendapat nilai MB (0%), 20 anak yang mendapat nilai BSH (83%) dan 4 anak yang mendapat nilai BSB (17%). 3) peningkatan sikap empati anak di RA Masyithoh Andongsili dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan empati melalui penggunaan metode bermain peran dengan kategori sedang, karena hasil uji G yaitu 0,3 < g < 0,7.
Kata Kunci : Empati Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rahayu Fatha Umi Kulsum - Personal Name
Student ID
2017240034
Dosen Pembimbing
hid - - Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
PIAUD
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail