• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[PENGARUH PENERAPAN APLIKASI SECIL PELAJARAN ANAK TK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF AUD TK PERTIWI WINONG TAHUN AJARAN 2022-2023]]> Fika Ayuningtias Pengarang Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I Dosen Pembimbing 1 Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 Hidayatu munawaroh, M.Pd. Penguji 2 Dr. Abdul Majid, M.Pd Penguji 1
    Masa usia dini merupkan periode emas (golden age) bagi perkembangananak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah tahun-tahunberharga bagi seseorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta dilingkungan sebagai stimulasi terhadap perkembangan, kepribadian , psikomotor,kognitif maupun sosialnya. Pendidikan yaitu modal dasar untuk menyiapkan insanyang berkualitas.Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metodeeksperimen. Metode eksperimen yang peneliti gunakan yaitu Pre-Experinmentalmenggunakan desain One Grup Pretes Posttest, digunakan satu kelompok subjek.Subjek penelitian ini adalah 12 orang anak. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan ujistatistik Kolmogorov-Smirnov dengan bantuan program SPSS for widows. Dengandemikian aplikasi Secil Pelajaran Anak TK bisa dijadikan salah satu cara untukmeningkatkan perkembangan kecerdasan kognitif AUD.Hasil penelitian menunjukan peningkatan 1) Pengaruh penerapan aplikasisecil pelajaran anak TK 2) Efektifitas penggunaan aplikasi secil pelajaran anakTK. Hasil yang diperoleh dari penelitian peningkatan perkembangan kognitif anakmenggunakan aplikasi secil pelajaran anak TK sebelum diterapkan treatment(pretest) diperoleh skor tertinggi 28 dan skor terendahnya 17 dengan rata-rataperolehan skor sebesar 22,7. Sedangkan untuk skor setelah diterapkannyatreatment (posttest) diperoleh skor tertinggi adalah 39 dan skor terendahnya 33dengan rata-rata perolehan skor sebesar 36,8. Efektifitas penerapan aplikasi secilpelajaran anak TK dalam meningkatkan perkembangan kognitif AUDmenggunakan uji t dengan SPSS for windows yang menyatakan bahwa Haditerima dan H0 ditolak. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan aplikasisecil pelajaran anak TK efektif digunakan dalam upaya meningkatkanperkembangan kognitif anak usia dini berhasil Dari hasil perhitungan diperolehnilai rata-rata N-gain score sebesar 0,82 yang termasuk kriteria () > 0,7 =tinggi yang berarti berada pada taraf tinggi dengan presentase 82% yang bisadikategorikan efektif sehingga dapat diartikan bahwa penggunaan aplikasi secilpelajaran anak TK dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak usiadini berhasil. Kata kunci : Aplikasi Secil, Perkembangan Kognitif, Anak TK