Anggun Febriana Rosyidi
Pengarang
Hidayatu Munawaroh, M.Pd.
Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Penguji 2
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perkembangan bahasaanak usia dini; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran metode kooperatiftipe talking stick; 3) Untuk mengetahui peningkatan perkembangan Bahasa anakusia dini setelah diterapkan metode kooperatif tipe talking stick.Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penelitimenggunakan 2 siklus, subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B RAHidayatussibyan Lancar yang berjumlah 15 anak, untuk pengumpulan datamenggunakan observasi dan dokumentasi. instrumen observasi berupa RPPH(rencana pelaksanaan pembelajaran harian) dan lembar penilaian, dokumentasiberupa foto-foto selama kegiatan pembelajaran menggunakan metode kooperatiftipe talking stick. sedangkan analisis data, penelitian akan di hitung hasil rata-ratakeberhasilan kelas dari siklus I dan siklus II. dengan menghitung rata-ratakeberhasilan kelas, akan diketahui peningkatan perkembangan bahasa anak usiadini menggunakan metode kooperatif tipe talking stick.Hasil dari penelitian menunjukan 1) perkembangan bahasa anak sebelumdiadakan tindakan belum berkembang. yakni 15 anak, terdapat 2 anak kategoriBerkembang Sangat Baik, 3 anak Berkembang Sesuai Harapan, 4 anak MulaiBerkembang, 6 anak Belum Berkembang 2) pelaksanaan pembelajaran padatindakan siklus I dan siklus II perkembangan bahasa anak mengalami peningkatandari aspek indikator yang diharapkan 3) peningkatan pekembangan bahasa anaksetelah diterapkan metode kooperatif tipe talking stick pada siklus I yaitu 50,34%dan meningkat pada siklus II 86,66%. sehingga sudah mencapai presentase 85%ke atas maka tindakan pada siklus II dinyatakan sudah berhasil. makapembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe talking stick untuk anak usiadini dinyatakan berhasil.
Kata Kunci : Bahasa, Metode Pembelajaran, Tipe Talking Stick