Prodi PIAUD
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI SC KLAB WONOSOBO TAHUN 2021/2022
XML
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaiamanapengembangan kreativitas anak usia dini di Sc Klab Wonosobo. 2. Untukmengetahui bagaimana manajemen pembelajaran dalam pengembangankreativitas anak usia dini di Sc Klab Wonosobo. 3. Untuk mengetahui faktorpendukung, dan penghambat dalam penerapan kreativitas anak usia dini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Subjek dalampenelitian ini adalah kepala sekolah dan peserta didik Sc klab Wonosobo.Teknikpengumpulan data yang dilakukan oleh penulis diantaranya adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang akan di teliti adalah pesertadidik dan guru Sc klab wonosobo. Analisis data menggunakan display.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) cara guru dalammemanajemen pembelajaran dalam pengembangan kreativitas anak menggunakansemi jepang lebih memfokuskan pembentukan karakter dan kreativitas anak. Caraanak memanggil guru menggunakan kalimat kakak sehingga kedekatan anakmenjad lebih intens, guru menanamkan prinsip pengajar sebagai teman bermain,bercerita dan berdiskusi.2). Guru menanamkan sikap disiplin dan mandiri sertabelajar memecahkan masalahnya sendiri, disisi lain dalam mengembangkankreatif anak yaitu dengan menanamkan bahasa asing dalam berdialog, sertamenggunakan teknik praktik dalam pembelajarannya seperti menggambar, kolasedan cooking class. 3). Dalam memanajemen pembelajaran agar tidak terkesanmonoton guru mengemas pembelajaran sekreatif mungkin dan menyenangkansupaya anak tidak bosan oleh karena itu guru memanajemen pembelajaran didalam kelas maupun di luar kelas dan kunjungan. 4) faktor pendukung yaitupengenalan praktik dalam belajar seperti demonstrasi, cooking class, made andcraft, kegiatan pembelajaran tidak hanya satu ataupun dua kegiatan namun banyakkegiatan yang menyenangkan, guru sangat mendukung skill anak dan mendoronganak lebih kreatif. 5) a).faktor penghambat anak-anak masih kesulitan belajartanpa dampingan guru, b).beberapa anak masih kurang fokus dalam kegiatanbelajar.
Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Kreativitas.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yaniy Indriyani - Personal Name
|
Student ID |
2017240047
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |