Prodi PIAUD
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI DAN KREATIVITAS AUD DI TK AL-FUTUHIYYAH BUMEN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui (1)Implementasi Metode Pembelajaran STEAM dalam meningkatkan kemampuanliterasi Teknologi dan Kreativitas AUD. (2) kemampuan literasi Teknologi danKreativitas AUD. (3) Peningkatan literasi Teknologi dan Kreativitas AUDdengan metode pembelajaran STEAM.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakandesain (One Group Pre-tes Postes) dengan teknik pengumpulan data dilakukandengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Analisis datadalam penelitian ini terdiri dari analisis pendahuluan yaitu uji normalitas dananalisis hipotesis yaitu uji gain dan uji T-tes .
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Metode STEAM(Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) merupakan metodebaru yang digunakan untuk meningkatkan literasi teknologi dan kreativitas anakusia dini .Penggunaan metode STEAM untuk meningkatkan kemampuan literasiteknologi dan kreativitas anak di TK Al-Futuhiyyah meliputi beberapa proses,antara lain: (a) Anak mampu mengetahui bagaimana mengamati teknologiperkakas (mixer) (b) Anak mampu mengetahui bagaimana menggunakan alatteknologi perkakas untuk mengembangkan koordinasi tangan dan mata sertamelatih dan menguatkan otot tangan dan jari. (c) Anak mampu mengetahuiinformasi bagaimana mengupayakan adonan roti bisa mengembang dengan baik(d) Anak mampu mendapatkan informasi dengan cara bertanya bagaimanamencetak adonan roti dan menghiasnya (2) Penggunaan metode STEAM dapatmeningkatkan literasi teknologi dan kreativitas anak di TK Al-FutuhiyyahBumirejo Mojotengah Wonosobo hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besardari ttabel yaitu 7,348 > 2,947/2,131. (3) Peningkatan literasi teknologi dankreativitas anak di TK Al-Futuhiyyah Bumirejo Mojotengah Wonosobo TahunPelajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori sedang, didasarkan pada hasil uji gdiperoleh nilai gain sebesar 0,43. Dalam pretest terdapat 3 anak yang mendapatnilai BB (19%), 4 anak yang mendapat nilai MB (25%), 6 anak yang mendapatnilai BSH (37%) dan 3 anak yang mendapat nilai BSB (19%). Dalam postestterdapat 3 anak yang mendapat nilai MB (19%), 10 anak yang mendapat nilaiBSH (62%) dan 3 anak yang mendapat nilai BSB (19%).
Kata Kunci : Metode STEAM, Literasi Teknologi, Kreativitas.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Siti Nurwachidah - Personal Name
|
Student ID |
2017240159
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |