Prodi PIAUD
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP ANAK USIA DINI DI SHAFIYA SMART SCHOOL KALIANGET WONOSOBO
XML
Pembelajaran berbasis entrepreneurship merupakan hal yang pentinguntuk diterapkan pada anak usia dini, dengan pembelajaran berbasisentrepreneurship dapat ditumbuhkan karakteristik kewirausahaan pada anak salahsatunya yaitu rasa percaya diri. Dengan pembelajaran berbasis entrepreneurshipini diharapkan untuk anak-anak yang sudah terbiasa belajar berwirausaha sejakdini kelak ketika dewasa tidak perlu lagi mencari lapangan pekerjaan namunjustru dapat menciptakan lapangan pekerjaan.Adapun tujuan penelitian: 1) dapat mengetahui bagaimana implementasipembelajaran berbasis entrepreneurship dalam menumbuhkan rasa percaya diriterhadap anak usia dini di Shafiya Smart School Kalianget Wonosobo, 2) dapatmengetahui kendala yang dialami pada implementasi pembelajaran berbasisentrepreneurship dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadap anak usia dinidi Shafiya Smart School Kalianget Wonosobo, 3) dapat mengetahui bagaimanarasa percaya diri anak setelah pembelajaran berbasis entrepreneurship di lakukandi Shafiya Smart School Kalianget Wonosobo. Jenis penelitian yang dilakukanpenelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga carayaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian yang akan ditelitiadalah kepala sekolah, guru, wali murid, dan murid dari Shafiya Smart SchoolKalianget Wonosobo. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakananalisis komponensial.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaranberbasis entrepreneurship di Shafiya Smart School Kalianget dapat berjalandengan baik karena adanya persiapan yang matang seperti menyusun kurikulumberbasis entrepreneurship, menyusun kegiatan pembelajarannya, menyiapkanperalatan pembelajaran dan juga evaluasi pembelajarannya, programpembelajaran yang digunakan disini yaitu cooking class, outing class dan marketday. 2) Kendala dalam implementasi pembelajaran berbasis entrepreneurship diShafiya Smart School Kalianget terdapat pada diri anak ketika anak mengalamikesulitan dalam pembuatan produk dan kurangnya koordinasi antar guru dalammenyiapkan pembelajaran. 3) Rasa percaya diri anak setelah dilakukannyapembelajaran berbasis entrepreneurship di Shafiya Smart School Kaliangetbegitu meningkat, perubahan yang begitu baik terlihat ketika anak sedang beradadi sekolah ataupun lingkungan tempat tinggalnya, dimana anak tidak lagi takutbertanya, takut mencoba sesuatu di sekolah, mulai terlihat jiwa kepemimpinannyaserta lebih bertanggung jawab dengan alat main yang telah digunakan serta tugas tugas yang telah diberikan.
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Entrepreneurship, Rasa Percaya Diri.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Purwati - Personal Name
|
Student ID |
2017240010
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |