Prodi PIAUD
PENERAPAN METODE GERAKAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG UNTUK MENGHAFAL HADITS PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 4 RECO KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO
XML
Tujuan dari skripsi ini adalah: 1)Untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal hadits pada anak usia dini di TK aisyiyah 4 reco. 2) Untuk mengetahui penerapan metode gerakan untuk menghafal hadits dengan menggunakan media wayang di TK aisyiyah 4 reco. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode gerakan menggunakan media wayang untuk menghafal hadits di TK aisyiyah 4 reco.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obserfasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian yang akan diteliti adalah pihak-pihak yang ada di TK Aisyiyah 4 Reco, yang memiliki kopetensi dengan peneliti tersebut, diantaranya adalah: kepala sekolah, guru-guru, siswa-siawa, dan walimurid TK Aisyiyah 4 Reco. Pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian naturalistic, sehingga analisis data di lakukan langsung di lapangan bersama dengan pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Kemampuan anak dalam menghafal hadits pada anak usia dini di TK Aisyiyah 4 Reco guru memberikan bimbingan mengenai kegiatan sebelum menghafal seperti menjelaskan arti dari hadis tersebut, termasuk perbuatan baik atau buruk, dan penanamkan adab tentunya, Untuk meningkatkan moral pada anak, guru melakukan pembiyasaan seperti menanamkan kejujuran, kemandirian, dan sopan santun. Hal ini guru bekerja sama dengan orang tua dalam menerapkan pembiasaan yang baik pada anak, karena anak-anak lebih banyak waktu di rumah daripada di sekolahan terutama menjelaskan tentang perbuatan baik dan buruk. Kedua, penerapan metode gerakan untuk menghafal hadits dengan menggunakan media wayang pada anak usia dini di TK Aiayiyah 4 Reco mengalami peningkatan yang cukup baik. Kegiatan menghafal hadist menggunakan media wayang dilaksanakan oleh guru dan anak didik setiap hari pada kegiatan pembukaan. Pelaksanaan kegiatan menghafal hadist dikemas melalui kegiatan yang menyenangkan tidak monoton sehingga anak tidak mudah bosan. kegiatan menghafal hadist menggunakan media wayang ini juga menjadi daya tarik anak karena ada animasi gambar, dan lebih bersemangat dalam menghafal hadist. Penerapan kegiatan menghafal hadist menggunakan media wayang pada anak usia dini dilaksanakan melalui beberapa metode yaitu metode ceramah, metode sosio derama , dan metode Tanya jawab. Dengan tiga metode tersebut guru juga bisa menyisipkan cerita para nabi menggunakan wayang tersebut untuk menambah penetahuan keagamaan. Ketiga, Terdapat beberapa faktor pendukung maupun penghambat dalam penerapan metode gerakan menggunakan media wayang untuk menghafal hadits di TK Aisyiyah 4 Reco. diantaranya anak anak merasa sangat antusias saat kegiatan menghafal hadist menggunakan media wayang tersebut, sehingga anak menjadi gaduh berebut pengen duduk di depan semua, pengen pegang media wayangnya gambar apa, ada yang menangis karena tidak dapat tempat duduk di depan.
Kata kunci : penerapan metode gerakan menggunakan media wayang, kegiatan mengghafal hadits pada anak usia dini.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Erna Puji Hidayah - Personal Name
|
Student ID |
2017240020
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |