Prodi Komunikasi & Penyiaran I
STRATEGI KOMUNIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO DALAM MENARIK MINAT MAHASISWA BARU TAHUN 2022
XML
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dalam perguruan tinggi adalah aspek pentingyang harus dikelola dengan baik dan terencana. Penerimaan mahasiswa baru (PMB)adalah aktifitas rutin perguruan tinggi setiap pembukaan ajaran baru. Dalampelaksanaan PMB kini telah banyak jalur seleksi untuk melakukan pendaftaran keperguruan tinggi. Perlu dipahami bahwa strategi komunikasi yang diterapkan dalamberbagai konteks komunikasi mungkin tidak sama namun secara garis besarmemiliki alur yang sama. Strategi Komunikasi Merupakan penggabungan antaraperencanaan komunikasi (communication planning) dan manajamen (managementcommunication) dalam mencapai tujuan tersebut. Pendekatan yang digunakanadalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah Kepala UPT PMB UniversitasSains Al-Qur’an jenis penelitianya adalah field research. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang terdiri atas : (1) AnalisisStrategi Komunikasi (2) Analisis Faktor dan Penghambat (3) Analisis alasan perlustrategi komunikasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : Strategi komunikasipenerimaan mahasiswa baru Universitas Sains Al-Qur’an meliputi pesankomunikasi yang bersifat informative, persuasive, dan instruksi sesuai dengankebutuhan sehingga memperoleh hasil yang optimal.
Kata Kunci: PMB, Strategi Komunikasi, UNSIQ
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Zulfa Imroatus Salamah - Personal Name
|
Student ID |
2019050031
|
Dosen Pembimbing |
Drs.Moh.Amin,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Komunikasi & Penyiaran Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |