Prodi Manajemen Informatika
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SIMULASI TATA SURYA MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR
XML
Perkembangan pendidikan semakin maju pesat pada saat ini dan teknologi merupakan suatu keharusan dalam menghadapi era globalisas. Teknologi pendidikan mengusahakan terciptanya keseimbangan dan hubungan kerjasama, untuk mengimplementasikan suatu teori yang terorganisir. Salah satunya pembelajaran yang ada pada tingkat SD mengenai materi tentang Tata Surya. Sistem tata surya terdiri dari Matahari, planet-planet, satelit alami, asteroid, komet, dan objek-objek kecil lainnya yang mengelilingi Matahari. Siswa kelas 6 SD mengalami kesulitan dalam menghafal dan menganggap pembelajaran secara konvensional kurang menarik dan membosankan. Penulis merancang dan membangun sebuah game edukasi pada penelitian ini menggunakan metode waterfall sehinga dapat memperkecil terjadinya kesalahan. Kemudian penerapan algoritma A Star pada penelitian ini diterapkan pada NPC musuh dalam game edukasi agar memberikan kesan interaktif saat bermain. Dalam game edukasi ini memiliki materi pembelajaran tentang Tata Surya. Berdasarkan hasil penelitian aplikasi game edukasi yang telah dibuat dapat menyampaikan materi dan menjadi media pembelajaran serta meningkatkan minat belajar siswa mengenai tata Surya.
Kata Kunci : Tata Surya, Algoritma A star, Metode Waterfall, NPC
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mei Linda Dwiyana - Personal Name
|
Student ID |
2019150041
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Muslim Hidayat, M.Kom - - Ketua Penguji
Hidayatus Sibyan, M.Kom - - Penguji 1 Saifu Rohman, M.Kom. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
57401
|
Edisi |
Published
|
Departement |
manajemen informatika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |