Alfina Nur Ma'rifah
Pengarang
Erna Dwi Astuti., M.Kom.
Dosen Pembimbing 1
Nahar Mardiyantoro, M.Kom.
Dosen Pembimbing 2
Dian Asmarajati., M.Kom.
Penguji 1
Erna Dwi Astuti., M.Kom.
Ketua Penguji
Muslim Hidayat, M.Kom
Penguji 2
Penggunaan media akan menigkatkan mutu dan kualitas pembelajaran karena memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas informasi atau pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan (guru) kepada penerima (siswa). Anak-anak kelas 3 SD masih membayangkan mengenai proses terjadinya cuaca, sehingga belum tercipta kontekstualisasi terhadap pembelajaran materi. Salah satu cara untuk mendorong tercapainya pembelajaran yang efektif, maka digunakanlah alat bantu pembelajaran yaitu game edukasi. Berdasarkan hal tersebut, penulis berinisiatif untuk membangun sebuah game yang didalamnya terdapat unsur pendidikan yaitu game Pengenalan Cuaca. Pada saat merancang dan membangun game edukasi pengenalan cuaca, penulis menggunakan metode pengembangan Waterfall. Agar lebih menarik, maka diperlukan sebuah unsur Kecerdasan Buatan pada game tersebut. Pada game Pengenalan Cuaca ini, penulis akan mengimplementasikan algoritma fuzzy sugeno untuk mengatur perilaku pada NPC musuh. Dengan dilakukannya penelitian ini, maka diharapkan akan tercipta sebuah game edukasi yang dapat dijadikan alternatif siswa dalam mempelajari materi Pengenalan Cuaca. Dalam hal ini Algoritma fuzzy sugeno menjadi pilihan sebagai pendukung keputusan untuk menentukan keputusan pada NPC musuh. .
Kata Kunci : Cuaca, Game Edukasi, Fuzzy Sugeno, Metode Waterfall, NPC.