Mayang Diana Novita Sari
Pengarang
Bambang Sugiyanto, S.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Muflih Fahmi kaunain, S.IP., M.Sos
Penguji 2
Bambang Sugiyanto, S.Pd.I., M.Si
Penguji 1
Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kebiasaan masyarakat dalam bersosial,ekonomi, budaya hingga politik. Sedangkan, pemerintah telah memutuskan Pilkadaserentak tetap dilaksanakan berdampingan dengan penyebaran penularan pandemicovid-19. Media online sebagai new media menjadi sarana utama dalamberkampanye sebagai media komunikasi politik massa dan dapat memberikan citrapositif maupun negatif kepada aktor politik. Selain itu, kampanye mediakonvensional tetap digunakan pada kampanye politik ini.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi kampanye politik pemilihankepada daerah di Kabupaten Wonosobo dengan peraturan dan prosedur yang barumenyesuaikan keadaan pandemi covid-19, penelitian ini menggunakan metodekualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknikwawancara untuk memeroleh data langsung dan mendalam dari narasumber. Proseswawancara penelitian ini dilakukan dengan tim pemenangan kampanye politikpasangan calon Afif-Albar, yaitu Bapak Faqih dari DPC PKB dan Bapak R.Rumekso dari DPC PDIP.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye politik dapat dilakukan dengandua cara yaitu kampanye politik daring dan kampanye politik konvensional untukhasil yang lebih maksimal dalam proses penyampaian pesan-pesan politik.
Kata kunci: kampanye politik, media online, pilkada