• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • ANALISIS SENTIMEN PADA APLIKASI ONLINE SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES BERBASIS SMOTE ANALISIS SENTIMEN PADA APLIKASI ONLINE SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES BERBASIS SMOTE

    Detail Cantuman

    Prodi Teknik Informatika

    ANALISIS SENTIMEN PADA APLIKASI ONLINE SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES BERBASIS SMOTE

    XML

    Analisis sentimen merupakan analisis yang bertujuan untuk mengetahuisentimen masyarakat terhadap suatu entitas. Sentimen yang diekspresikan dapatberbentuk komentar dan rating secara positif ataupun negatif. Dengan kondisi saatini internet memudahkan masyarakat dalam membuat ulasan secara onlinediberbagai jenis platform. Salah satu media yang sering digunakan masyarakatdalam menyampaikan ulasan adalah pada aplikasi online shop yaitu Tokopedia danshopee di website google play store. Pada ulasan online tersebut kelas sentimenpositif dan negatif jelas mencerminkan persepsi pengguna tentang berbagai jenislayanan dan produk yang ada.Dalam penelitian ini menggunakan 1.000 data ulasan aplikasi Shopee danTokopedia pada website google play store yang diambil dengan cara scraping. Datatersebut dibagi menjadi 80% data training dan 20% data testing. Algoritmaklasifikasi sentimen yang digunakan adalah Naïve Bayes. Selain itu untukmenyeimbangkan data yang ada antara ulasan positif dan negatif dilakukannyaSynthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE). Model Naïve Bayes yangtelah dibuat dievaluasi dengan confusion matrix yang menghasilkan performasmodel sebesar 81% pada ulasan Shopee dan 84% pada ulasan Tokopedia.Hasil dari model Naïve Bayes diujikan dengan seluruh data ulasan dariscraping website google play store menghasilkan 300 ulasan positif dan 586 ulasannegatif pada aplikasi Shopee sedangkan pada aplikasi Tokopedia menghasilkan 330ulasan positif dan 569 ulasan negatif..
    Kata Kunci : Analisis Sentimen, Online Shop, Scraping, Naïve Bayes, Akurasi.


    Detail Information

    Item Type
    Laporan Tugas Akhir
    Penulis
    Nur Intan Ayu Nisaa' - Personal Name
    Student ID
    2019150102
    Dosen Pembimbing
    Erna Dwi Astuti., M.Kom. - - Dosen Pembimbing 1
    Muslim Hidayat, M.Kom - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    55201
    Edisi
    Published
    Departement
    Teknik Informatika
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail