Zakiyatul Khofiyati
Pengarang
Ainun Khabib, M.E.I
Dosen Pembimbing 2
Titik Hinawati, S.E., M.E.I., ASPM
Dosen Pembimbing 1
Laila Sabrina, S.Th.I., M.A.
Penguji 2
Mila Fursiana Salma M, S.H.I., M.S.I
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan,promosi, dan motivasi terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariahdengan lingkungan sosial sebagai variabel moderasi. Populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitasSains Al- Qur’an angkatan 2019-2022, menggunakan sampel sebanyak 102responden dengan menggunakan probability sampling dengan jenis randomsampling sebagai teknik pengambilannya. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dan diukur menggunakan teknik analisis StructuralEquation Modelling (SEM) dengan pendekatan alternatif Partial LeastSquare (PLS) melalui sofeware SmartPLS 4.0. Pengumpulan data diperolehdari hasil penyebaran kuesioner pada mahasiwa Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Sains Al- Qur’an angkatan 2019-2022.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan,promosi, dan motivasi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswamenabung di bank syariah, lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadapminat mahasiswa menabung di bank syariah, dan lingkungan sosial tidakdapat memperkuat pengaruh variabel pengetahuan, promosi, dan motivasiterhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah.
Kata Kunci: pengetahuan, promosi, motivasi, minat menabung,lingkungan sosial, bank syariah